Rosarianto, Petrus Orseola and Setyabudi, Djoko (2020) HUBUNGAN ANTARA IKLAN SHOPEE DI TELEVISI DAN DAYA TARIK BRAND AMBASSADOR SHOPEE TERHADAP MINAT UNDUH APLIKASI SHOPEE / 38/KOM/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
![]() |
Text
Cover.pdf - Published Version Download (320kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf - Published Version Download (520kB) |
![]() |
Text
Bab 2.pdf - Published Version Download (455kB) |
![]() |
Text
Bab 3_compressed.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (716kB) |
![]() |
Text
Bab 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (130kB) |
Abstract
Prestasi Shopee sebagai e-commerce dengan jumlah unduhan aplikasi terbanyak baik di AppStore maupun Playstore tidak beriringan dengan jumlah kunjungan web Shopee yang hanya menempati posisi ketiga. Hal tersebut menimbulkan rasa ingin tahu peneliti tentang faktor yang menyebabkan tinggi minat unduh aplikasi Shopee tersebut. Dalam penelitian ini variabel bebas yang diambil adalah iklan televisi dan brand ambassador, sedangkan variabel terikatnya adalah minat unduh.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan terpaan iklan Shopee di televisi dan daya tarik brand ambassador Shopee terhadap minat unduh aplikasi Shopee. Penelitian ini menggunakan teknik non probality sampling dengan jumlah sampel sebanyak 50 mahasiswa di Kota Semarang dengan ketentuan pernah melihat iklan Shopee di televisi dan mengenal brand ambassador Shopee.
Diharapkan dengan dilaksanakannya penelitian ini akan bermanfaat bagi perkembangan ilmu komunikasi baik secara teoritis maupun secara praktis. Secara teoritis, penelitian ini akan menggunakan teori elaboration likelihood model dan teori komunikasi respon kognitif untuk meneliti hubungan antara variabel terpaan iklan dan brand ambassador terhadap variabel minat unduh aplikasi shopee. Secar praktis, diharapkan penelitian ini dapat menjadi saran untuk para praktisi komunikasi dalam menyusun rencana komunikasi pemasaran terutama dalam bidang e-commerce. Untuk penelitian selanjutnya, peneliti menyarankan untuk meneliti menggunakan pendekatan integrated marketing untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran apa yang paling efektif dilakukan di era digital.
Kata Kunci : Terpaan Iklan, Brand Ambassador, Minat Unduh
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 28 Sep 2022 07:34 |
Last Modified: | 28 Sep 2022 07:34 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8802 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |