Diliani, Risky Shintia and Widayanto, Widayanto (2020) PENGARUH IKLAN DAN PENYELENGGARAAN EVENT DI KLENTENG SAM POO KONG TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG MELALUI KEPUTUSAN BERKUNJUNG (Studi pada Pengunjung Klenteng Sam Poo Kong) / 16/adbis/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
Full text not available from this repository.Abstract
Abstraksi
Sektor pariwisata memiliki potensi besar dalam mendukung perekonomian negara. Pertumbuhan pengunjung di Kota Semarang terus mengalami perkembangan sehingga mendorong terciptanya destinasi wisata baru dan meningkatkan persaingan wisata. Klenteng Sam Poo Kong merupakan salah satu destinasi wisata di Kota Semarang yang merupakan klenteng Cina tertua di Semarang. Klenteng Sam Poo Kong memiliki keunikan dari gaya arsitektur bangunan yang penuh dengan nuansa Cina dan terdapat patung Cheng Ho tertinggi di dunia, selain menjadi sebuah destinasi wisata juga dapat digunakan sebagai tempat ibadah.
Tipe penelitian ini adalah explanatory research, dengan menggunakan kuesioner sebagai meteode pengumpulan data. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung antara variabel Iklan dan Penyelenggaraan Event terhadap Kepuasan Pengunjung, dan pengaruh tidak langsung Iklan dan Penyelenggaraan Event terhadap Kepuasan Pengunjung melalui Keputusan Berkunjung pada Pengunjung di Klenteng Sam Poo Kong. Metode penelitian yang digunakan yaitu teknik Non Probability Sampling dengan metode Purposive Sampling. Sampel yang dikumpulkan sebanyak 100 responden pengunjung Klenteng Sam Poo Kong yang dipilih berdasarkan pertimbangan. Penelitian menggunakan teknik analisis Partial Least Square, yang diestimasi dengan program WarpPLS 6.0.
Berdasarkan hasil analisis olah data dengan WarpPLS menjelaskan bahwa pada hasil uji pengaruh langsung dan tidak langsung pada model penelitian menunjukkan hasil yang berpengaruh dan signifikan. Peneliti memberikan saran kepada pihak pengelola Klenteng Sam Poo Kong berdasarkan nilai rekapitulasi terendah yang diberikan responden pada indikator penilaian, yaitu melakukan penayangan iklan pada jam istirahat dan jam pulang kerja, memperbaiki kualitas penampilan pengisi event seperti menambahkan atraksi barongsai yang beraksi diatas tiang dan menambahkan tari naga, meningkatkan kualitas pelayanan, kinerja, dan fasilitas yang dibutuhkan dan diinginkan pengunjung, supaya pengorbanan waktu dan tenaga yang telah diluangkan pengunjung sepadan dengan yang didapatkan selama berkunjung, dan mencantumkan informasi baik tulisan atau foto yang sesuai dengan kenyataan di tempat wisata sehingga ekspektasi responden sesuai atau melebihi dengan apa yang didapan saat berkunjung.
Kata Kunci: Iklan, Penyelenggaraan Event, Keputusan Berkunjung dan Kepuasan Pengunjung
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | Users 162 not found. |
Date Deposited: | 05 Sep 2022 01:21 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 04:15 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/7980 |
Actions (login required)
View Item |