Search for collections on Undip Repository

PENGARUH PENGGUNAAN PEMBAYARAN DIGITAL SHOPEE PAYLATER DAN RELIGIUSITAS TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MASYARAKAT DI KOTA DEPOK

GUMILANG, Thifaal Adli (2024) PENGARUH PENGGUNAAN PEMBAYARAN DIGITAL SHOPEE PAYLATER DAN RELIGIUSITAS TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MASYARAKAT DI KOTA DEPOK. Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
1._S___Cover___12020218140085.pdf - Published Version

Download (281kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12020218140085.pdf - Published Version

Download (250kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12020218140085.pdf - Published Version

Download (250kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12020218140085.pdf - Published Version

Download (305kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12020218140085.pdf - Published Version

Download (363kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12020218140085.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan di bidang Financial Technology, salah satunya adalah Paylater.
Penelitian ini mempelajari pengaruh pengguna pembayaran digital Shopee Paylater,
dan juga religiusitas di masyarakat terhadap perilaku konsumtif. Fenomena yang terjadi
adalah terdapat kenaikan pengguna pembayaran digital Shopee Paylater, dan juga
terjadinya kenaikan religiusitas di masyarakat. Sedangkan, di sisi lain dalam penelitian
terdahulu menyatakan bahwa penggunaan pembayaran digital Shopee Paylater dapat
mempengaruhi perilaku menjadi konsumtif, dan perilaku konsumtif tidak sesuai
dengan perilaku konsumsi Islam.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan penyebaran kuisioner
sebanyak 100 orang di kota Depok. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa
penggunaan pembayaran digital Shopee Paylater memiliki pengaruh positif dan
signifikan terhadap perilaku konsumtif, maka hipotesis H1 diterima. Lalu, religiusitas
memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Hasil pengujian
ini mengindikasikan penerimaan terhadap hipotesis H2. Dan secara bersama-sama,
variabel dependen, yaitu penggunaan pembayaran digital Shopee Paylater dan
religiusitas, memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif.
Hasil pengujian ini mengindikasikan penerimaan terhadap hipotesis H3.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Shopee Paylater, Pembayaran Digital, Religiusitas, Perilaku Konsumtif.
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Islamic Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Islamic Economics
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 18 Sep 2024 01:41
Last Modified: 18 Sep 2024 01:41
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/26592

Actions (login required)

View Item View Item