Search for collections on Undip Repository

PENGARUH DESAIN PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MEBEL PADA CV MANUNGGAL ROTAN JEPARA

Khilda, M. Fahim (2024) PENGARUH DESAIN PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MEBEL PADA CV MANUNGGAL ROTAN JEPARA. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (783kB)
[img] Text
Bab 1.pdf - Submitted Version

Download (865kB)
[img] Text
Bab 2.pdf - Submitted Version

Download (450kB)
[img] Text
Bab 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf - Submitted Version

Download (240kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (433kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (661kB)

Abstract

Pada era modern pertumbuhan dunia bisnis semakin cepat, salah satunya industri
furniture. Untuk meningkatkan eksistensi perusahaan dapat dilakukan dengan
memiliki tingkat keputusan pembelian yang tinggi. keputusan pembelian yang tinggi
dapat dipengaruhi oleh desain produk yang baik, harga yang terjangkau dan promosi
yang baik. Berdasarkan data penjualan CV Manunggal Rotan Jepara, setiap tahunnya
mengalami kecenderungan tidak stabil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh antara desain produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian
mebel CV Manunggal Rotan Jepara.
Penelitian ini menggunakan explanatory research type. Sampel yang diambil
dengan pendekatan nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling dan
accidental sampling. Data yang dikumpulkan di penelitian ini dengan kuesioner dan
sampel sebanyak 96 responden konsumen CV Manunggal Rotan Jepara yang sudah
melakukan transaksi minimal satu kali. Analisis kuantitatif digunkan dalam penelitian
ini dengan mengolah data melalui uji validitas, reliabilitas, koefisien korelasi,
koefisien determinasi, regresi sederhana, regresi berganda, dan signifikansi uji T dan
uji F.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa desain produk, harga, dan
promosi memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian mebel CV
Manunggal Rotan Jepara. Berdasarkan hasil tersebut maka saran yang dapat diberikan
dari segi desain produk adalah meningkatkan variasi produk, memperhatikan
kerapian produk serta memberikan ciri khas pada produk. Dari segi harga dengan cara
peningkatan terhadap produk yang dijual agar dapat memberi manfaat sesuai harga,
meningkatkan kualitas produk dengan pemilihan bahan baku yang baik serta quality
control, dan melakukan riset pasar agar harga produk mampu bersaing dengan
kompetitor. Dari segi promosi membuat iklan menjadi lebih menarik, penggunaan
berbagai media dan meningkatkan frekuensi periklanan, dan melakukan pemberian
insentif.
Kata kunci : Desain Produk, Harga, Promosi, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 28 Jun 2024 07:15
Last Modified: 28 Jun 2024 07:15
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24391

Actions (login required)

View Item View Item