Khilda, M. Fahim (2024) PENGARUH DESAIN PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MEBEL PADA CV MANUNGGAL ROTAN JEPARA. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
Cover.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (783kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf - Submitted Version Download (865kB) |
![]() |
Text
Bab 2.pdf - Submitted Version Download (450kB) |
![]() |
Text
Bab 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab 4.pdf - Submitted Version Download (240kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (433kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (661kB) |
Abstract
Pada era modern pertumbuhan dunia bisnis semakin cepat, salah satunya industri
furniture. Untuk meningkatkan eksistensi perusahaan dapat dilakukan dengan
memiliki tingkat keputusan pembelian yang tinggi. keputusan pembelian yang tinggi
dapat dipengaruhi oleh desain produk yang baik, harga yang terjangkau dan promosi
yang baik. Berdasarkan data penjualan CV Manunggal Rotan Jepara, setiap tahunnya
mengalami kecenderungan tidak stabil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh antara desain produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian
mebel CV Manunggal Rotan Jepara.
Penelitian ini menggunakan explanatory research type. Sampel yang diambil
dengan pendekatan nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling dan
accidental sampling. Data yang dikumpulkan di penelitian ini dengan kuesioner dan
sampel sebanyak 96 responden konsumen CV Manunggal Rotan Jepara yang sudah
melakukan transaksi minimal satu kali. Analisis kuantitatif digunkan dalam penelitian
ini dengan mengolah data melalui uji validitas, reliabilitas, koefisien korelasi,
koefisien determinasi, regresi sederhana, regresi berganda, dan signifikansi uji T dan
uji F.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa desain produk, harga, dan
promosi memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian mebel CV
Manunggal Rotan Jepara. Berdasarkan hasil tersebut maka saran yang dapat diberikan
dari segi desain produk adalah meningkatkan variasi produk, memperhatikan
kerapian produk serta memberikan ciri khas pada produk. Dari segi harga dengan cara
peningkatan terhadap produk yang dijual agar dapat memberi manfaat sesuai harga,
meningkatkan kualitas produk dengan pemilihan bahan baku yang baik serta quality
control, dan melakukan riset pasar agar harga produk mampu bersaing dengan
kompetitor. Dari segi promosi membuat iklan menjadi lebih menarik, penggunaan
berbagai media dan meningkatkan frekuensi periklanan, dan melakukan pemberian
insentif.
Kata kunci : Desain Produk, Harga, Promosi, Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 28 Jun 2024 07:15 |
Last Modified: | 28 Jun 2024 07:15 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24391 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |