Search for collections on Undip Repository

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK SARIAYU MARTHA TILAAR PADA KONSUMEN DI KOTA SEMARANG 120adbis2023

Rizki, Shofi Amara (2023) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK SARIAYU MARTHA TILAAR PADA KONSUMEN DI KOTA SEMARANG 120adbis2023. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER .pdf - Submitted Version

Download (530kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (870kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (136kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (943kB)

Abstract

Berdasarkan data penjualan Sariayu Martha Tilaar mengalami penurunan disetiap tahunnya. Hal ini diduga terjadi dikarenakan beberapa faktor yaitu yang pertama adalah faktor kualitas produk yang buruk karena ditemukan review – review buruk mengenai produk – produk Sariayu di web female daily. Kemudian faktor yang kedua adalah promosi karena ditemukan bahwa views youtube milik Sariayu jika dibandingkan dengan iklan Wardah dan Make Over, maka iklan Sariayu berada di peringkat bawah karena viewsnya masih berjumlah ratusan bahkan ribuan saja sedangkan iklan Wardah dan Make Over sudah memiliki views jutaan, hal tersebut diasumsikan dapat terjadi karena Sariayu memasang iklannya di youtube dengan frekuensi yang sedikit dalam waktu yang singkat, sehingga menyebabkan Sariayu kurang dikenal oleh masyarakat karena minim promosi.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen. Pada penelitian ini tipe penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian Explanatory Research dengan teknik pengambilan sampel yaitu non probability samplingdan purposive sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah100 responden. Pengumpulan data dilakukan secara online dengan menggunakan Gform. Pada penelitian ini peneliti mengolah data menggunakan SPSS 26. Analisis yang dilakukan meliputi uji validitas, reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi linear sederhana dan berganda, signifikansi uji t, dan uji F.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dengan menyumbang 36%. Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dengan menyumbang 21,2%. Kualitas produk dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dengan menyumbang 36,6%.Berdasarkan hasil tersebut, Sariayu Martha Tilaar disarankan untuk membuat inovasi baru pada kemasan produk – produk kosmetik Sariayu Martha Tilaar, menambah rentang waktu promosi, serta memperbanyak pembuatan iklan baru dalam satu tahun,juga menambah jumlah tayangan iklan dibeberapa media.
Kata kunci : Kualitas Produk, Promosi, Keputusan Pembelian Konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 15 Sep 2023 07:47
Last Modified: 03 Nov 2023 07:31
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16325

Actions (login required)

View Item View Item