Search for collections on Undip Repository

EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SI D’nOK (SISTEM INFORMASI DOKUMEN ONLINE KEPENDUDUKAN) DALAM PELAYANAN AKTA KELAHIRAN DI DISDUKCAPIL KOTA SEMARANG

Akmal, Mushaffa Faiz (2023) EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SI D’nOK (SISTEM INFORMASI DOKUMEN ONLINE KEPENDUDUKAN) DALAM PELAYANAN AKTA KELAHIRAN DI DISDUKCAPIL KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (362kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (675kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (415kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (109kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)

Abstract

Teknologi yang mengalami perkembangan pesat harus dimanfaatkan ke berbagai bidang untuk mempermudah kegiatan termasuk didalamnya pelayanan pemerintah kepada masyarakat. Kemajaun teknologi dimanfaatkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang dengan memunculkan inovasi pelayanan dokumen kependudukan yang dibentuk dengan sistem informasi SI D’nOK (Sistem Informasi Dokumen Online Kependudukan) yang salah satunya mencakup kepengurusan dokumen akta kelahiran. Namun, dalam keberjalanan aplikasi si d’nok ini masih terdapat beberapa masalah yang dirasakan oleh masyarakat saat menggunakan aplikasi yangs seharusnya memudahkan masyarakat. Oleh karena itu, perlu dianalisis lebih lanjut terkait efektivitas sistem informasi tersebut. Dalam Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan teori Delone and McLean untuk menjawab permasalahan penelitian terkait Efektivitas Sistem Informasi dan menggunakan teori Argo Pambudi untuk menganalisis terkait faktor penghambatnya. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Sistem Informasi SI D’nOK belum efektif serta faktor penghambat yang utama yaitu faktor budaya masyarakat serta sosialisasi yang masih kurang. Rekomendasi yang dapat diberikan oleh peneliti adalah Disdukcapil Kota Semarang dalam mengelola Sistem Informasi Dokumen Online Kependudukan yaitu meningkatkan sosialisasi yang dapat menjangkau semua kalangan serta perbaikan aplikasi agar mencegah terjadinya gangguan saat pemakaian.

Kata kunci : Efektivitas, SI D’nOK, Akta Kelahiran, Disdukcapil Kota Semarang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: Fakultas ISIP
Date Deposited: 07 Jul 2023 04:21
Last Modified: 07 Jul 2023 04:21
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14580

Actions (login required)

View Item View Item