Search for collections on Undip Repository

PENGARUH PRODUK, PROMOSI, DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA KOPERASI SIMPAN PINJAM JASA BATANG/05/BISNIS/2022

Putri, Novalia Jaya and Prihatini, Aprianti Endang and Pradanawati, Ari (2022) PENGARUH PRODUK, PROMOSI, DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA KOPERASI SIMPAN PINJAM JASA BATANG/05/BISNIS/2022. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (298kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (455kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (279kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (685kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (164kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kospin Jasa merupakan salah satu koperasi simpan pinjam terbesar di
Indonesia. Pada Tahun 2020 aset Kospin Jasa mencapai Rp9,6 triliun
dengan jumlah anggota di Indonesia mencapai 334.092 nasabah,
sedangkan jumlah anggota di Kantor Cabang Batang sebanyak 2.222
nasabah. Menurut data, jumlah anggota Kospin Jasa menunjukkan adanya
penurunan jumlah anggota tiap tahunnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, promosi, dan
pelayanan terhadap keputusan penggunaan jasa Kospin Jasa Batang. Tipe
penelitian ini adalah explanatory research. Metode pengambilan sampel
pada penelitian ini adalah probability sampling dengan teknik simple
random sampling dan sampling frame. Teknik pengumpulan data
menggunakan kuesioner dan wawancara kepada 96 responden anggota
Kospin Jasa Batang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis
regresi dengan menggunakan aplikasi SPSS 26.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk, promosi, dan pelayanan
berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Saran yang diberikan kepada
Kospin Jasa terhadap masing-masing aspek antara lain pada aspek produk
seperti meringankan bunga pada setiap produk dan meningkatkan syarat
pembukaan simpanan dan pinjaman menjadi lebih mudah. Pada aspek
promosi, diperlukan adanya peningkatan keragaman media iklan agar
lebih mudah dikenal masyarakat dan peningkatan kredibilitasnya petugas
dalam memberikan informasi yang akurat dan jelas kepada nasabah
maupun calon nasabah. Pada aspek pelayanan, petugas Kospin Jasa perlu
mengutamakan kepentingan nasabah, merespon siapapun yang
mengajukan keluhan, memahami, menguasai dan menjawab segala
keluhan, tanggap dalam memberikan pelayanan serta mempercepat proses
pelayanan agar nasabah merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan
Kospin Jasa, sehingga tercipta kesetiaan nasabah pada Kospin Jasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 16 Feb 2023 04:40
Last Modified: 16 Feb 2023 04:40
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11733

Actions (login required)

View Item View Item