Pamungkas, Ignatius Fortino Yulian and Pradhanawati, Ari and Prihatini, Apriatni Endang (2022) Analisis Strategi PemasaranMenggunakan Analisis SWOT Pada Industri Konveksi Tas CV. Gerhatas/23/ADM.BISNIS/2022. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
![]() |
Text
Cover.pdf - Published Version Download (299kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf - Published Version Download (448kB) |
![]() |
Text
Bab II.pdf - Published Version Download (242kB) |
![]() |
Text
Bab III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
![]() |
Text
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (61kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (375kB) |
Abstract
Persaingan usaha bisnis akan selalu mengalami perkembangan setiap waktu, hal tersebut membuat para pengusaha untuk berlomba dalam memenangkan pasar dengan cara meningkatkan aktivitas usaha mereka. Setiap perusahaan membutuhkan manajemen strategi dalam melakukan aktivitasnya, satu strategi fungsional dalam manajemen strategi adalah strategi pemasaran yang merupakan hal pokok dalam pemasaran untuk meraih sebuah tujuan pemasaran. CV. Gerhatas merupakan perusahaan yang bergerak pada industri konveksi tas mengalami penurunan pendapatan karena persaingan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat untuk dilakukan oleh perusahaan. Tipe penelitian ini adalah deskriptif dengan jenis data yang digunakan adalah mixed method. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara kepada pemilik perusahaan, karyawan perusahaan, dan konsumen, serta melakukan pengamatan langsung pada usaha CV. Gerhatas. Data yang didapatkan nantinya akan dianalisis menggunakan matriks SWOT.
Hasil dari penelitian perusahaan telah melakukan strategi usaha, namun bila dilihat dari faktor internal (Bauran Pemasaran, dan STP) dan faktor eksternal (persaingan, permodalan, teknologi, kebijakan pemerintah, ekonomi, dan lingkungan) masih terdapat beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki. Dari perhitungan matriks IFAS 2,70 dan EFAS 2,55 posisi matriks IE berada pada kuadran 5 dan posisi matriks SWOT berada pada kuadran I. Terdapat kekuatan dan peluang yang besar pada perusahaan dan harus dimanfaatkan. Menurut perhitungan matriks QSPM strategi alternatif yang paling baik digunakan perusahaan adalah penetrasi pasar.
Kata kunci:Strategi Pemasaran, Matriks IFAS, Matriks EFAS, Analisi SWOT, Matriks QSPM
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 06 Jan 2023 02:44 |
Last Modified: | 06 Jan 2023 02:44 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/10983 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |