Search for collections on Undip Repository

Hubungan Daya Tarik Brand Ambassador dan Intensitas Komunikasi Peer Group dengan Keputusan Pembelian melalui Tokopedia /74/KOM/2021

Putri, Ramadhanti Maharddhika and Gono, Joyo NS and Yuliyanto, Muchammad (2022) Hubungan Daya Tarik Brand Ambassador dan Intensitas Komunikasi Peer Group dengan Keputusan Pembelian melalui Tokopedia /74/KOM/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
Cover-Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (333kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (901kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (945kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (166kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Published Version

Download (395kB)

Abstract

Tokopedia menggunakan brand ambassador sebagai salah satu strategi marketingnya, BTS (Beyond the Scene) yang menjadi pilihan bagi Tokopedia. BTS merupakan selebriti yang tengah naik daun, memiliki jumlah fans yang banyak, dan membutuhkan biaya yang relative tinggi untuk bekerjasama. Intensitas komunikasi yang dilakukan oleh ARMY pada media sosial twitter (@indomy)pun tergolong tinggi. Namun faktanya, Tokopedia masih belum mampu menjadi Top Brand dan belum berada pada top of mind khalayak. Hal ini terlihat dalam peringkat Tokopedia dan rata-rata pengunjung website yang menurun. Hal tersebut juga tidak setara dengan usaha dan biaya yang telah dikeluarkan Tokopedia untuk berupaya menjadi Top Brand dan menduduki posisi top of mind khalayak.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan daya tarik brand ambassador dan intensitas komunikasi peer group dengan keputusan pembelian melalui Tokopedia
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatori. Populasi pada penelitian ini adalah individu laki-laki/perempuan, berusia 18-35 tahun, seorang ARMY, dan mengetahui brand ambassador Tokopedia. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sample non-probabililty melalui purposive sampling dengan jumlah responden 100 orang. Teori yang digunakan adalah Source Attractiveness Theory dan Elaboration Likelihood Theory.
Hasil uji hipotesis dengan menggunakan analisis uji korelasi Kendall’s Tau_b menunjukkan bahwa hubungan antara variabel daya tarik brand ambassador dengan keputusan pembelian memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 yang dapat diartikan sangat signifikan dengan nilai korelasi sebesar 0,445 yang dapat diartikan keeratan hubungan berada di kategori cukup kuat dan arah yang positif. Kemudian, hubungan antara intensitas komunikasi peer group dengan keputusan pembelian memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 yang dapat diartikan sangat signifikan dengan nilai korelasi sebesar 0,370 yang dapat diartikan keeratan hubungan berada di kategori cukup kuat dan arah yang positif.

Kata Kunci: Daya Tarik Brand Ambassador, Intensitas Komunikasi Peer Group, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 28 Oct 2022 03:08
Last Modified: 28 Oct 2022 04:12
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/9494

Actions (login required)

View Item View Item