Search for collections on Undip Repository

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN APLIKASI GRAB / 67/adbis/2021

Putri, V.Nia Aprilia Riski and Pradhanawati, Ari and Prihatini, Apriatni Endang (2021) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN APLIKASI GRAB / 67/adbis/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (422kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (683kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version

Download (122kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (148kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (698kB)

Abstract

Perkembangan teknologi memunculkan berbagai perusahaan yang bergerak
dibidang e-commerce, salah satunya yakni Grab merupakan perusahaan penyedia
layanan jasa on demand yang menawarkan berbagai layanan guna memenuhi
kebutuhan. Banyaknya pesaing yang menawarkan layanan sejenis membuat posisi
Grab pada Top Brand Index mengalami fluktuatif dari tahun 2017 – 2020 dan belum
dapat mengungguli pesaing terberatnya yakni Gojek. Hal ini disebabkan semakin
sengitnya persaingan yang ada baik pada segi kualitas pelayanan maupun promosi
yang dilakukan.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas
pelayanan dan promosi terhadap keputusan penggunaan Aplikasi Grab. Tipe
penelitian ini yakni explanatory research dengan teknik pengambilan sampel non
probability sampling metode purposive sampling dan pengumpulan data dilakukan
melalui kuesioner online google form dengan jumlah sampel sebanyak 100
responden pengguna aplikasi Grab yang telah menggunakan layanan 3 kali dalam
kurun waktu 6 bulan terakhir. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis
kuantitaif dan kualitatif dan menggunakan uji validitas, reliabilitas, koefisien
korelasi, koefisien determinasi, regresi linear sederhana dan berganda, uji t dan uji
F dengan menggunakan bantuan IBM SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan promosi
berpengaruh positif dan kuat terhadap keputusan penggunaan Aplikasi Grab.
Variabel kualitas pelayanan dan promosi dipersepsikan baik oleh responden akan
tetapi belum dilakukan secara maksimal karena masih terdapat beberapa indikator
yang berada dibawah rata-rata. Disarankan, Grab harus lebih bertanggung jawab
dalam memberikan kompensasi/ganti rugi terkait pelayanan yang buruk dengan
tanpa melalui proses yang rumit dan melaksanakan kegiatan promosi penjualan
dengan memberikan jangka waktu berlaku yang lebih lama.

Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Promosi, Keputusan Penggunaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 14 Sep 2022 04:50
Last Modified: 14 Sep 2022 04:50
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8298

Actions (login required)

View Item View Item