Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Brand Image Dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Pada MarketplaceTokopedia (Studi Pada Pengguna Marketplace Tokopedia Di Kota Semarang) /63/adbis/2021

Dandhitya, Timotius Gerald and Shinta Dewi, Reni and Ngatno, Ngatno (2021) Pengaruh Brand Image Dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Pada MarketplaceTokopedia (Studi Pada Pengguna Marketplace Tokopedia Di Kota Semarang) /63/adbis/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (567kB)
[img] Text
Bab 1.pdf - Published Version

Download (869kB)
[img] Text
Bab 2.pdf - Published Version

Download (559kB)
[img] Text
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (924kB)
[img] Text
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (136kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan internet yang semakin pesat memicu pertumbuhan marketplace di indonesia dengan persaingan yang cukup ketat. Data dari Global Web Index yang menyebutkan bahwasanya Indonesia menjadi negara dengan pengadopsianMarketplacepaling tinggi dibanding negara lain pada 2019 dengan jumlah sebanyak 90% dari total pengguna internetnya. Salah satu marketplace di Indonesia yaitu Tokopedia yang telah berdiri di Indonesia sejak tahun 2009. Eksistensi dan Inovasi yang dihasilkan Tokopedia menjadikannya sebagai salah satu Marketplace besar yang ada banyak diminati oleh konsumen. Namun, pada beberapa tahun terakhir terjadi penurunan pengunjung yang ditunjukan oleh data penurunan presentase pertumbuhan dan market sharepada tahun 2019 – 2020.
Penelitian ini ditujukan guna mengetahui lebih lanjut pengaruh brand image dan media sosial terhadap keputusan pembelian pada marketplace Tokopedia. Tipe penelitian yang digunakan yaitu explanatory research dengan pengambilan sampling menggunakan Teknik nonprobability samplingdan accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan google formdengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden pengguna marketplace Tokopedia di kota Semarang. Untuk melakukan analisis terhadap uji yang digunakan dibantu dengan penggunaan aplikasi komputer SPSS 25.0 for Windowsterhadap uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi sederhana dan berganda, kemudia uji signifikansi (uji t dan uji F).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa brand image dan media sosial berpengaruh positif secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian. Ketika bersamaan media sosial memiliki pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian. Secara parsial harga menyumbang sebesar 31,4%, sedangkan media sosial menyumbang sebesar 35,1% terhadap keputusan pembelian. Kemudian secara simultan brand image dan media sosial menyumbang sebesar 40,2% terhadap keputusan pembelian.
Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan peneliti menyarakan Tokopedia untuk meningkatkan lebih lagi terkait pengenalan brand dengan melakukan campaign ataupun activity yang dapat mendorong citra yang positif sehingga dapat melekat pada benak konsumen. Disamping itu, diperlukan juga adanya peningkatan pemanfaatan sosial media dengan memberikan konten yang lebih informatif dan up to date sehingga menarik konsumen melalui media sosial dan juga meningkatkan respon dari admin pada media sosial guna merespon keluhan pelanggan.
Kata kunci :Brand Image, Media Sosial, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 14 Sep 2022 03:06
Last Modified: 14 Sep 2022 03:06
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8289

Actions (login required)

View Item View Item