Permatasari, Christina Dessy and Prabawani, Bulan (2021) Analisis Program Kemitraan CSR PT. Telekomunikasi Indonesia Dalam Upaya Peningkatan Kinerja UMKM (Studi Pada UMKM Mitra Binaan PT. Telkom Witel Semarang) / 54/adbis/2021. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
![]() |
Text
COVER.pdf - Published Version Download (247kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (284kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf - Published Version Download (319kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (562kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (73kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (353kB) |
Abstract
PT. Telkom merupakan salah satu perusahaan BUMN berusaha membangun kepercayaan dengan menggunakan strategi pengembangan program-program CSR. Telkom juga telah berpikir untuk tidak lagi bekerja hanya semata-mata untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya, tetapi lebih cenderung mengarah kepada pembangunan keberlanjutan usaha jangka panjang serta memberdayakan masyarakat (community development). Berdasarkan wawancara dengan staff Unit CDC PT. Telkom Witel Semarang hasil evaluasi UMKM Andjani dan Wingko “O” pada laporan status laporan angsuran pengembalian dana pinjaman Program Kemitraan Telkom Witel Semarang termasuk ke dalam kategori lancar. Namun, hal ini kurang bisa menggambarkan kinerja mitra binaan ini mengalami perkembangan atau peningkatan. Pendapat ini diperkuat oleh pernyataan (Tambunan, 2012) mengenai perkembangan usaha yang dipengaruhi oleh modal, pemasaran, bahan baku, tenaga kerja, teknologi, biaya transportasi, energi yang tinggi, komunikasi, dan prosedur administrasi.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sampai sejauh mana pelaksanaan CSR Program Kemitraan PT. Telkom dengan membandingkan kinerja UMKM sebelum dan sesudah menjadi mitra binaan. Metode penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dan dilakukan wawancara. Terdapat 2 mitra binaan pada penelitian ini yaitu Wingko “O” dan Anjani. Hasil penelitian menunjukan bentuk Program Kemitraan PT. Telkom Witel Semarang kegiatan yang dilaksanakan yaitu bantuan pinjaman modal, kemudian kegiatan pelatihan dan seminar serta kegiatan pameran yang diselenggarakan oleh pihak Telkom sebagai kegiatan rutin tahunan ternyata memberikan pengaruh yang positif terhadap kinerja UMKM binaan. UMKM mitra binaan Telkom Witel Semarang mengalami peningkatan kinerja pada indikator peningkatan modal usaha, melakukan inovasi produk, pengembangan organisasi, pemasaran melalui sosial media atau e-commerce, mengikuti pameran untuk menjalin relasi, pelatihan penggunaan produk, peningkatan omzet penjualan produk, pengembangan tempat usaha, serta mengembangkan pasar baru.
Kata Kunci: CSR, Peningkatan Kinerja UMKM
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 00:58 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 00:58 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8274 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |