Search for collections on Undip Repository

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI ULANG DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING / (Studi Pada Holland Bakery Pandanaran Di Kota Semarang) /88/bisnis/2020

Shabrina, Sekar Ayu and Budiatmo, Agung (2020) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI ULANG DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING / (Studi Pada Holland Bakery Pandanaran Di Kota Semarang) /88/bisnis/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

Full text not available from this repository.

Abstract

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI ULANG DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Holland Bakery Pandanaran di Kota Semarang)
ABSTRAKSI
Tingginya pertumbuhan industri makanan di Kota Semarang mengakibatkan semakin ketatnya persaingan di bidang makanan, sehingga setiap perusahaan perlu memikirkan cara untuk meningkatkan penjualan karena berdasarkan data omzet penjualan pada Holland Bakery Semarang menunjukkan adanya penurunan tiap tahunnya. Salah satu cara untuk meningkatkan penjualan yaitu dengan meningkatkan minat beli ulang konsumen. Terdapat banyak faktor dalam meningkatkan minat beli ulang konsumen seperti faktor kualitas produk maupun harga yang ditawarkan oleh perusahaan.
Tipe penelitian ini adalah explanatory research. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling, dengan metode accidental sampling dan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara kepada 100 responden yang pernah melakukan pembelian produk pada Holland Bakery Pandanaran Semarang. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif dengan uji validitas, reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi, uji t dengan aplikasi SPSS versi 22.0 serta analisis sobel untuk menguji pengaruh variabel intervening.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian, harga berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian, terdapat pengaruh kualitas produk terhadap minat beli ulang melalui keputusan pembelian, terdapat pengaruh harga terhadap minat beli ulang melalui keputusan pembelian. Berdasarkan hasil uji sobel, terdapat pengaruh kualitas produk terhadap minat beli ulang melalui keputusan pembelian dan harga terhadap minat beli ulang melalui keputusan pembelian. Berdasarkan hasil uji mediasi, keputusan pembelian merupakan variabel intervening parsial dalam memediasi pengaruh kualitas produk terhadap minat beli ulang dan keputusan pembelian merupakan variabel intervening parsial dalam memediasi pengaruh harga terhadap minat beli ulang.
Adapun saran yang dapat diberikan kepada Holland Bakery Semarang agar lebih meningkatkan kualitas produk yang ada dan penetapan harga yang lebih terjangkau untuk konsumen.

Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, Minat Beli Ulang, dan Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: Users 162 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2022 03:44
Last Modified: 08 Sep 2022 03:44
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8136

Actions (login required)

View Item View Item