Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran melalui Inovasi Produk sebagai Variabel Intervening (Studi pada UMKM Kuningan Juwana Kabupaten Pati) / 53/adbis/2020

Widian Sari, Fipit Alam Pratama and Farida, Naili (2020) Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran melalui Inovasi Produk sebagai Variabel Intervening (Studi pada UMKM Kuningan Juwana Kabupaten Pati) / 53/adbis/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (214kB)
[img] Text
Bab 1.pdf - Published Version

Download (526kB)
[img] Text
Bab 2.pdf - Published Version

Download (110kB)
[img] Text
Bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (820kB)
[img] Text
Bab 4.pdf - Published Version

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (100kB)

Abstract

Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran melalui Inovasi Produk sebagai Variabel Intervening (Studi pada UMKM Kuningan Juwana Kabupaten Pati)
ABSTRAK
Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, & Menengah (UMKM) Provinsi Jawa Tengah setiap tahunnya mengalami peningkatan. Peningkatan jumlah tersebut tentunya didorong oleh beberapa pihak dikarenakan UMKM berfungsi sebagai penyerap tenaga kerja dan pendorong kesejahteraan masyarakat. Sebagai salah satu jenis UMKM di Kabupaten Pati, UMKM Kuningan Juwana telah menghasilkan berbagai produk kuningan yang diharapkan mampu melakukan inovasi produk sehingga tidak kalah dengan persaingan yang semakin ketat dan dapat memasarkan produknya secara maksimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran melalui inovasi produk. Jumlah sampel yaitu 53 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposivesampling. Tipe penelitian ini adalah explanatory research. Penelitian ini menggunakan alat bantu software SmartPLS 3.2.8 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, orientasi kewirausahaan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran. Selain itu, orientasi pasar berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap inovasi produk sedangkan orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk. Penulis menyarankan supaya para pemilik UMKM menghasilkan produk sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan serta mengikuti trend yang sedang ada agar tetap eksistensi di pasaran. Selain itu, diharapkan mengikuti pameran produk maupun pelatihan teknis yang diadakan oleh pemerintah daerah terkait.
Kata kunci: Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, dan Kinerja Pemasaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Master Program in Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 06 Sep 2022 08:00
Last Modified: 09 Sep 2022 07:41
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8084

Actions (login required)

View Item View Item