Search for collections on Undip Repository

STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PADA SIOMAY DAN BATAGOR SI BOSS SEMARANG /46/adbis/2020

Prihartanti, Dita Dwi and Pradhanawati, Ari (2020) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PADA SIOMAY DAN BATAGOR SI BOSS SEMARANG /46/adbis/2020. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Dalam mempertahankan usahanya perusahaan perlu melakukan suatu strategi agar dapat bersaing dan melangsungkan hidupnya. Banyaknya jenis UMKM salah satunya ialah UMKM yang menawarkan atau menjualkan produknya pada bidang kuliner, salah satunya yaitu Siomay dan Batagor Si Boss yang terletak di Banyumanik, Semarang. Siomay dan Batagor Si Boss pada tahun 2014-2019 mengalami fluktuatif. Hal itu perlu adanya strategi dengan melihat faktor internal, faktor eksternal, dan SWOT.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang perlu diterapkan agar mampu meningkatkan daya saing dengan melihat faktor internal (kekuatan dan kelemahan), faktor eksternal (peluang dan ancaman) dan analisis SWOT. Metode penelitian ini menggunakan tipe penelitian deksriptif dan dilakukan wawancara. Terdapat 8 responden pada penelitian ini yaitu pemilik, 2 karyawan, dan 5 konsumen Siomay dan Batagor Si Boss.
Hasil penelitian menunjukan Siomay dan Batagor Si Boss sudah melakukan strategi usaha, namun dilihat dari faktor internal (strategi pemasaran, Segmentation, Targeting, dan Positioning dan daya saing) dan faktor eksternal (persaingan, permodalan, teknologi, kebijakan pemerintah, ekonomi dan lingkungan) terdapat kekurangan yang perlu dibenahi agar dapat meningkatkan daya saing. Dilihat dari matrik SWOT posisi Siomay dan Batagor Si Boss terdapat pada kuadran III dengan hasil IFAS 2,45 dan EFAS 2,70. Terdapat kekuatan dan peluang pada Siomay dan Batagor Si Boss, namun perusahaan ini memiliki kelemahan dan ancaman. Saran dari penelitian ini adalah menerapkan strategi dengan memanfaatkan kekuataan dan peluang yang dimiliki perusahaan, agar dapat mengatasi kelemahan dan ancaman dari kelemahan dan ancaman Siomay dan Batagor Si Boss serta memaksimalkan kekuatan dan peluang agar dapat meningkatkan daya saing.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Daya Saing, SWOT

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: Users 162 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2022 08:05
Last Modified: 09 Sep 2022 07:20
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8057

Actions (login required)

View Item View Item