Search for collections on Undip Repository

PERBANDINGAN EFEKTIVITAS FACEBOOK, TWITTER, DAN INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PROMOSI OLEH BALAI LAYANAN PERPUSTAKAAN DPAD DIY PADA ERA NET GENERATION

Ermawati, Ermawati and Husna, Jazimatul (2021) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS FACEBOOK, TWITTER, DAN INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PROMOSI OLEH BALAI LAYANAN PERPUSTAKAAN DPAD DIY PADA ERA NET GENERATION. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
1_COVER.pdf

Download (62kB)
[img] Text
2_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (461kB)
[img] Text
3 _ABSTRAK.pdf

Download (263kB)
[img] Text
4_ABSTRACT.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (460kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (661kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only until 2025.

Download (802kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[img] Text
mon 2.pdf
Restricted to Repository staff only until 2025.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Perbandingan Efektivitas Facebook, Twitter, dan Instagram sebagai Sarana Promosi oleh Balai Layanan Perpustakaan DPAD DIY pada Era Net Generation”. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan tingkat efektivitas promosi perpustakaan menggunakan media sosial Facebook, Twitter, dan Instagram. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner online dari para responden. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan proportional stratified random sampling. Setelah data terkumpul, dilakukan tabulasi sederhana dan dianalisis dengan menggunakan EPIC Model. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa ketiga media sosial yang digunakan Balai Layanan Perpustakaan DPAD DIY terbukti efektif sebagai sarana melakukan kegiatan promosi perpustakaan. Instagram merupakan media sosial yang paling efektif dengan tingkat efektivitas 4,14 dan memiliki urutan efektivitas dimensi Empathy (4,43), Persuasion (4,19), Impact (4,1), dan Communication (3,84). Selanjutnya tingkat efektivitas media sosial tertinggi adalah Facebook yaitu 4 dengan urutan efektivitas dimensi Empathy (4,08), Impact (4,03), Communication (3,95), dan Persuasion (3,94). Twitter memiliki tingkat efektivitas paling rendah yaitu 3,88 dengan urutan efektivitas dimensi Persuasion (3,99), Empathy (3,88), Impact (3,84), dan Communication (3,75).
This research entitles “Comparing the Effectiveness of Facebook, Twitter, and Instagram as a means of Promotion for DPAD DIY Library Service Center in Net Generation Era”. The purpose of this research is to compare the level of effectiveness of library promotion using social media Facebook, Twitter, and Instagram used by DPAD DIY Library Service Center. This research uses a quantitative method by distributing online questionnaires to the respondents to collect data. The sample collection of this research was taken by using proportional stratified random sampling. The collected data were done by using simple tabulation and then analyzed using EPIC Model. This research shows that the three media used by DPAD DIY Library Service Center are all effective as a means of library promotion activity. Instagram is the most effective social media with the effectiveness level 4,14 and consists of Empathy dimension (4.43), Persuasion dimension (4.19), Impact dimension (4.1), and Communication dimension (3.84). Furthermore, the second highest effectiveness level is Facebook which is 4, that consist of Empathy dimension (4.08), Impact dimension (4.03), Communication dimension (3.95), and Persuasion dimension (3.94). Twitter has the lowest level of effectiveness, namely 3.88 that consists of Persuasion dimension (3.99), Empathy dimension (3.88), Impact dimension (3.84), and Communication dimension (3.75).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Humanities
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Library Science
Depositing User: Mr UPT Perpus Undip
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:30
Last Modified: 15 Aug 2022 03:30
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/7724

Actions (login required)

View Item View Item