SAPUTRA, Sinyo Raka Surya (2024) PENGARUH HARGA, PENDAPATAN, HARGA BARANG SUBSTITUSI, LABEL HALAL, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN HALAL BERSODA (SOFT DRINKS). Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
Text (Cover)
1._S___Cover___12020219140059.pdf - Published Version Download (222kB) |
|
Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12020219140059.pdf - Published Version Download (274kB) |
|
Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12020219140059.pdf - Published Version Download (208kB) |
|
Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12020219140059.pdf - Published Version Download (258kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12020219140059.pdf - Published Version Download (361kB) |
|
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12020219140059.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Minuman bersoda (soft drinks) adalah minuman yang tidak memiliki
kandungan alkohol yang mengalami proses karbonasi dan sudah memiliki label
halal resmi dari MUI, serta peminatnya banyak sampai saat ini. Dibalik sudah
memiliki label halal dan digemari masyarakat minuman ini memiliki dampak yang
buruk bagi tubuh. Indonesia mayoritas masyarakatnya beragama Islam seharusnya
lebih selektif memilih produk untuk dibeli dan dikonsumsi harus berlandaskan
aspek halalan thayyiban artinya bukan hanya halal namun juga baik bagi tubuh.
Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh harga, pendapatan, harga barang
substitusi, label halal, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian minuman
halal bersoda (soft drinks). Populasi penelitian ini, muslim di Provinsi Jawa Barat.
Teknik pengambilan sampel non probability sampling yaitu purposive sampling
dengan menggunakan data primer. Pengambilan sampel dilakukan dengan
penyebaran kuesioner kepada 200 responden muslim di Provinsi Jawa Barat.
Metode penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik biner.
Hasil penelitian menunjukkan variabel harga, pendapatan, harga barang
substitusi, label halal, dan kualitas produk memiliki pengaruh simultan terhadap
keputusan pembelian minuman halal bersoda (soft drinks). Secara parsial variabel,
harga barang subsitusi, label halal, dan kualitas produk berpengaruh positif
signifikan, sedangkan variabel pendapatan tidak berpengaruh signifikan. Variabel
harga berpengaruh negatif signifikan terhadap keputusan pembelian minuman halal
bersoda (soft drinks).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Harga, Pendapatan, Harga Barang Substitusi, Label Halal, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian, Minuman Bersoda (Soft Drinks). |
Subjects: | Economics and Business Economics and Business > Islamic Economics |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Islamic Economics |
Depositing User: | Mr Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 02:59 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 02:59 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25692 |
Actions (login required)
View Item |