Saputra, Darmawan Indra (2024) DIGITALISASI PELAYANAN PUBLIK DI DESA KALIBUAYA KECAMATAN TELAGASARI KABUPATEN KARAWANG MELALUI PENGGUNAAN WEBSITE. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.
Text
Cover.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (541kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Submitted Version Download (240kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Submitted Version Download (355kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (389kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Submitted Version Download (47kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (43kB) |
|
Text
Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (842kB) |
Abstract
Digitalisasi merupakan proses pembaharuan yang menggunakan
pemanfaatan teknologi berbasis digital. Secara garis besar hadirnya sebuah
digitalisasi adalah untuk memangkas serangkaian proses birokrasi pemerintah
dalam pelayanan publik. Selama ini proses pelayanan sebelum adanya digitalisasi
ini, memiliki citra yang kurang baik di masyarakat karena lambat prosesnya.
Pelayanan Digitalisasi ini turut di implementasikan oleh Desa Kalibuaya. Yang
mana desa membuat Digitalisasi berupa website untuk meningkatkan kualitas
pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi serta
dampak yang diberikan oleh website terhadap pelayanan di Desa Kalibuaya.
penelitian ini berlokasi di Desa Kalibuaya Kecamatan Telagasari Kabupaten
Karawang Jawa Barat. Kajian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif. Jenis data
yang diambil adalah primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan
wawancara secara mendalam.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Desa Kalibuaya telah menggunakan
sistem pelayanan secara digitalisasi yaitu berupa pelayanan melalui website. Dalam
keberjalananya, pelayanan secara digital terkendala karena kurangnya pemahaman
masyarakat dalam penggunaan website dan cenderung menggunakan metode lama
untuk memperoleh pelayanan. Kajian ini juga menemukan beberapa faktor yang
mempengaruhi keberhasilan pemanfaatan website berdasarkan hasil temuan
peneliti. Realisasi inovasi berupa website, peralihan pelayanan, serta kompetensi
perangkat Desa yang memadai. Selain faktor keberhasilan terdapat juga faktor
kegagalan yaitu etnografi masyarakat, mobilisasi masyarakat, serta kurangnya
intensitas sosialisasi. Dalam studi ini peneliti menemukan bahwasanya
keberjalanan serta pemanfaatan website terkendala karena kurangnya intensitas
sosialisasi serta pemahaman masyarakat minim kurang terhadap digitalisasi. Hal ini
menyebabkan kualitas pelayanan menjadi stagnan dan tidak berkembang.
Kata kunci: Digitalisasi Desa, Pelayanan Publik, Website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 05 Jul 2024 03:22 |
Last Modified: | 05 Jul 2024 03:22 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24829 |
Actions (login required)
View Item |