Search for collections on Undip Repository

TINJAUAN TERHADAP PELAKSANAAN PENYELESAIAN PERSELISIHAN PENEMPATAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA OLEH BALAI PELAYANAN PENYELESAIAN PERSELISIHAN TENAGA KERJA PROVINSI JAWA TENGAH. _46 HAN 2024

KRISTANTI, AMALIA and Sa'adah, Nabitatus and Suhartoyo, Suhartoyo (2024) TINJAUAN TERHADAP PELAKSANAAN PENYELESAIAN PERSELISIHAN PENEMPATAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA OLEH BALAI PELAYANAN PENYELESAIAN PERSELISIHAN TENAGA KERJA PROVINSI JAWA TENGAH. _46 HAN 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
AMALIA KRISTANTI _ cover.pdf

Download (728kB)
[img] Text
AMALIA KRISTANTI _ abstrak.pdf

Download (239kB)
[img] Text
AMALIA KRISTANTI _ bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[img] Text
AMALIA KRISTANTI _ bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] Text
AMALIA KRISTANTI _ bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (735kB)
[img] Text
AMALIA KRISTANTI _ bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] Text
AMALIA KRISTANTI _ dapus.pdf

Download (654kB)

Abstract

Pekerja Migran Indonesia yang bekerja dalam kenyataan yang terjadi mengalami berbagai persoalan. Pekerja Migran Indonesia memiliki peran perlindungan yang diserahkan kepada pemerintah baik pusat maupun daerah, dimulai dari sebelum bekerja, selama bekerja, dan setelah bekerja. BP3TK Provinsi Jawa Tengah sebagai salah satunya lembaga penyelesaian permasalahan tenaga kerja di Indonesia. BP3TK Prov Jateng sebagai salah satunya lembaga penyelesaian permasalahan tenaga kerja di Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, memahami, dan menganalisis lebih jauh mengenai pelaksanaan penyelesaian perselisihan penempatan pekerja migran Indonesia oleh Balai Pelayanan Penyelesaian Perselisihan Tenaga Kerja Provinsi Jawa Tengah.
Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui, memahami, dan menganalisis lebih jauh mengenai kendala dan solusi penyelesaian perselisihan penempatan pekerja migran Indonesia oleh Balai Pelayanan Penyelesaian Perselisihan Tenaga Kerja Provinsi Jawa Tengah. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yuridis empiris. Spesifikasi dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis. Sumber data dalam penelitian menggunakan data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian adalah dengan melakukan wawancara dan studi pustaka. Metode analisis yang digunakan adalah analisi data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan penyelesaian perselisihan penempatan pekerja migran Indonesia oleh Balai Pelayanan Penyelesaian Perselisihan Tenaga Kerja Provinsi Jawa Tengah melalui tahap klarifikasi dan mediasi. Selanjutnya terkait kendala dan solusi penyelesaian perselisihan penempatan pekerja migran Indonesia oleh Balai Pelayanan Penyelesaian Perselisihan Tenaga Kerja Provinsi Jawa Tengah ada kendala dari para pihak dan BP3TK Provinsi Jawa Tengah serta solusi yaitu membuat aplikasi dan forum penyamaan persepsi.
Kata Kunci : Pekerja Migran Indonesia, Penyelesaian, Perselisihan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pekerja Migran Indonesia, Penyelesaian, Perselisihan
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 08 Jul 2024 04:26
Last Modified: 08 Jul 2024 04:26
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23999

Actions (login required)

View Item View Item