Aryani, Anisa Sofia and Nurmalia, Devi (2024) Persepsi Mahasiswa Keperawatan Terhadap Lingkungan Pembelajaran. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
Halaman Awal.pdf Download (367kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
![]() |
Text
BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (137kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Persepsi mahasiswa terhadap lingkungan pembelajaran adalah suatu aspek yang sangat penting dalam mengevaluasi kekuatan dan kelemahan lingkungan pembelajaran di institusi pendidikan keperawatan. Masih terdapat beberapa masalah dalam lingkungan pembelajaran mahasiswa keperawatan, seperti waktu pembelajaran yang berlebihan, suasana kelas yang kurang variatif, jumlah mahasiswa yang berlebihan, dan kurangnya keterlibatan mahasiswa dalam meningkatkan prestasi di dalam lingkungan program studi keperawatan. Maka dari itu, diperlukan adanya penjabaran mengenai persepsi mahasiswa keperawatan terhadap lingkungan pembelajaran sebagai upaya untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan proses pembelajaran yang telah dilakukan oleh institusi pendidikan sehingga dapat meningkatkan mutu dan kualitas sumber daya manusia dalam bidang keperawatan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa keperawatan terhadap lingkungan pembelajaran. Jenis penelitian termasuk dalam penelitian kuantitatif non-eksperimental dengan metode deskriptif dan pendekatan cross sectional. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi kuesioner demografi dan Dundee Ready Education Environment Measure (DREEM). Teknik sampling yang digunakan yaitu sampling purposive dengan sampel 338 responden mahasiswa keperawatan dari ketiga institusi pendidikan yang ada di Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (89,9%) mahasiswa memiliki persepsi yang positif terhadap lingkungan pembelajaran dan (0,9%) mahasiswa memiliki persepsi yang buruk terhadap lingkungan pembelajaran. Dimensi pencapaian akademik mendapatkan rata-rata skor tertinggi yaitu (3,32), sedangkan dimensi lingkungan sosial mendapatkan rata-rata skor terendah sebesar (2,95). Berdasarkan penelitian ini, diharapkan dapat memberikan gambaran kepada institusi pendidikan keperawatan untuk dapat terus meningkatkan mutu dan kualitas lingkungan pembelajaran agar mencapai proses pembelajaran yang optimal.
Kata Kunci : Persepsi, Lingkungan Pembelajaran, Mahasiswa
Keperawatan, Akademik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Medicine |
Divisions: | Faculty of Medicine > Department of Nursing |
Depositing User: | Keperawatan Undip |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 06:45 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 06:45 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23988 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |