Search for collections on Undip Repository

PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, VIRAL MARKETING, DAN IKLAN ONLINE TERHADAP PURCHASE DECISION MELALUI PURCHASE INTENTION (Studi Pada Konsumen CV. Miulan di Kota Semarang)

SORAYA, Tsummadana Mita (2024) PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, VIRAL MARKETING, DAN IKLAN ONLINE TERHADAP PURCHASE DECISION MELALUI PURCHASE INTENTION (Studi Pada Konsumen CV. Miulan di Kota Semarang). Masters thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[img] Text (Cover)
1._T___Cover___12010121420211.pdf - Published Version

Download (263kB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4._T___Abstrak_(Inggris)___12010121420211.pdf - Published Version

Download (229kB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._T___Abstrak_(Indonesia)___12010121420211.pdf - Published Version

Download (230kB)
[img] Text (Daftar Isi)
6._T___Daftar_Isi___12010121420211.pdf - Published Version

Download (315kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12._T___Daftar_Pustaka__12010121420211.pdf - Published Version

Download (379kB)
[img] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._T___Fulltext_PDF_Bookmarks___12010121420211.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan dunia bisnis pada dewasa ini ditandai dengan makin
tajamnya persaingan. Oleh karena itu, peranan pemasaran semakin penting dan
merupakan ujung tombak setiap perusahaan. Salah satunya dengan memanfaatkan
media sosial dalam strategi pemasaran yang dapat menunjang keberlangsungan
suatu bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity
endorser, viral marketing, dan iklan online terhadap purchase decision melalui
purchase intention pada konsumen Miulan di Kota Semarang.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah membeli produk
Miulan. Sampel yang digunakan berjumlah 100 sampel konsumen Miulan di Kota
Semarang dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa
kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Model
(SEM) melalui software SmartPLS 3.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel celebrity endorser, viral
marketing, dan iklan online berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase
decision. Hasil analisis menunjukkan bahwa purchase intention dapat memediasi
celebrity endorser, viral marketing, dan iklan online, serta memberikan pengaruh
positif dan signifikan terhadap purchase decision.
Simpulan dari penelitian ini adalah celebrity endorser, viral marketing, dan
iklan online dapat meningkatkan purchase decision. Purchase intention juga dapat
memediasi pengaruh celebrity endorser, viral marketing, dan iklan online terhadap
purchase decision. Bagi CV Miulan diharapkan untuk terus meningkatkan
pemanfaatan selebriti dengan kredibilitas dan daya tarik tinggi, viral marketing, dan
penggunaan iklan online sehingga dapat menciptakan testimoni positif dari
pelanggan. Diharapkan pada penelitian yang akan datang untuk menambah variabel
lain yang belum diteliti.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Social Media Marketing, Celebrity Endorser, Viral Marketing, Iklan Online, Purchase Intention, Purchase Decision
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Master Program in Management
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 24 Jun 2024 07:55
Last Modified: 24 Jun 2024 07:55
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23898

Actions (login required)

View Item View Item