MELITA, Shelli (2024) PENGARUH SIARAN BELANJA LANGSUNG, DUKUNGAN SELEBRITI, PROMOSI, ULASAN PELANGGAN ONLINE, DAN DAYA TARIK IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI E-COMMERCE (Studi pada Pengguna Lazada di Kota Semarang). Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
![]() |
Text (Cover)
1._S___Cover___12010120120001.pdf - Published Version Download (377kB) |
![]() |
Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12010120120001.pdf - Published Version Download (417kB) |
![]() |
Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12010120120001.pdf - Published Version Download (408kB) |
![]() |
Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12010120120001.pdf - Published Version Download (449kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12010120120001.pdf - Published Version Download (442kB) |
![]() |
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12010120120001.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pandemi Covid-19 telah membawa dampak yang signifikan terhadap
berbagai aspek kehidupan beralih ke digital, salah satunya pergeseran perilaku
konsumen dari konvensional menjadi serba online dalam melakukan pembelian.
Tren berbelanja menggunakan e-commerce lebih mudah, praktis, dan
menguntungkan bagi konsumen. Kondisi ini menjadi peluang dan tantangan
tersendiri bagi pelaku bisnis dalam memasarkan dan menjual produknya. Para
pelaku bisnis merancang strategi untuk menstimulus konsumen melakukan
pembelian di toko online melalui beberapa pendekatan, seperti memaksimalkan
fitur siaran belanja langsung, menerapkan strategi promosi berupa diskon harga dan
voucher menarik, memanfaatkan kredibilitas selebriti, dan menciptakan iklan yang
menarik. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh siaran belanja langsung,
dukungan selebriti, promosi, ulasan pelanggan online, dan daya tarik iklan terhadap
keputusan pembelian pada pengguna aplikasi Lazada di Kota Semarang.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data
dilakukan dengan menyebar kuesioner. Sebanyak 149 responden yang memenuhi
kriteria dilibatkan dalam penelitian ini yaitu pengguna Lazada di Kota Semarang
dengan teknik non probability sampling. Data yang terkumpul dilakukan beberapa
pengujian yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis
dengan menggunakan perangkat lunak IBM SPSS Versi 26.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial siaran belanja langsung,
promosi, ulasan pelanggan online, dan daya tarik iklan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan dukungan selebriti tidak
menunjukkan pengaruh terhadap keputusan pembelian. Secara simultan, siaran
belanja langsung, dukungan selebriti, promosi, ulasan pelanggan online, dan daya
tarik iklan berpengaruh secara bersama - sama terhadap keputusan pembelian
melalui aplikasi Lazada di Kota Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Siaran Belanja Langsung, Dukungan Selebriti, Promosi, Ulasan Pelanggan Online, Daya Tarik Iklan, Keputusan Pembelian |
Subjects: | Economics and Business Economics and Business > Management |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mr Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 08:44 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 08:44 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23712 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |