Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN RELIGIOUS COPING TERHADAP TINGKAT STRES PADA CAREGIVER DARI ANAK DENGAN DIABETES MELITUS TIPE 1

Adawiyah, Azmil and Utari, Agustini and Jusuf, Innawati and Saktini, Fanti (2023) HUBUNGAN RELIGIOUS COPING TERHADAP TINGKAT STRES PADA CAREGIVER DARI ANAK DENGAN DIABETES MELITUS TIPE 1. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (AZMIL MUFTAKHOR AL ADAWIYAH-22010120130112-KTI-ABSTRAK)
AZMIL MUFTAKHOR AL ADAWIYAH-22010120130112-KTI-ABSTRAK.docx

Download (24kB)

Abstract

Latar belakang: Diagnosis DM tipe 1 pada anak ini juga akan banyak sekali berdampak pada kualitas hidup orang tua. Dalam sebuah penelitian juga disebutkan, lebih dari 33,5% orang tua melaporkan mengalami kesulitan atau penurunan kualitas hidup pasca diagnosis pada anak. Selain berfokus pada pengobatan dan pemulihan kondisi anak, orang tua juga perlu untuk menangani masalah psikologis yang dialaminya sendiri agar bisa terus memegang fungsi dan tanggung jawab untuk keluarga. Untuk menghadapi stres yang dialami, seorang individu membutuhkan strategi koping. Strategi koping ini dilakukan bertujuan untuk menekan stressor serta meringankan tekanan yang dirasaan oleh seorang individu. Terdapat beberapa strategi koping yang bisa dilakukan, salah satunya adalah strategi koping dengan pendekatan keagamaan atau biasa disebut religious coping.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Religious Coping. Terhadap Tingkat Stres pada Caregiver dari Anak dengan Diabetes Melitus Tipe 1.

Metode: Penelitian yang dilakukan bersifat observasional analitik dengan design penelitian Cross- Sectional dengan metode pengambilan sampel consecutive sampling dengan menggunakan kuesioner serta informed consent. Data yang sudah terkumpul akan dikelola dan diolah menggunakan program IBM SPSS Statistics. Data akan dianalisis dengan analisis deskriptif dan uji hipotesis dengan menganalisis hubungan antara strategi religious coping dengan tingkat stress dengan menggunaan uji statistik Chi Square.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya hubungan yang signifikan antara religious coping terhadap tingkat stres, dibuktikan dengan hasil uji Chi-Square nila p= 0,272. dari 32 responden didapatkan hasil mayoritas responden mengalami stres tingkat sedang dan responden menggunakan religious coping positif.

Kesimpulan : Tidak ditemukan adanya hubungan antara Religious Coping terhadap Tingkat Stres pada caregiver dari anak dengan DM tipe 1.

Kata Kunci: Diabetes Melitus Tipe 1,Cregiver, Religious Coping, Stress, PSS-10, Brief R-COPE..

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Diabetes Melitus Tipe 1,Cregiver, Religious Coping, Stress, PSS-10, Brief R-COPE.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 20 Jun 2024 06:01
Last Modified: 20 Jun 2024 06:01
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23564

Actions (login required)

View Item View Item