Sari, Indah Permata (2024) INOVASI APLIKASI JOGJA SMART SERVICE DI DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA DAN PERSANDIAN KOTA YOGYAKARTA. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
![]() |
Text
COVER .pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (604kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Submitted Version Download (940kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf - Submitted Version Download (484kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (501kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Submitted Version Download (191kB) |
![]() |
Text
DAFPUS.pdf - Submitted Version Download (198kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN .pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (789kB) |
Abstract
Inovasi pelayanan publik merupakan langkah penting untuk mengatasi
permasalahan dalam sistem pemerintahan guna memperbaiki dan meningkatkan
kualitas pelayanan. Inovasi Aplikasi Jogja Smart Service hadir sebagai bentuk
pengimplementasian Peraturan Pemerintah tentang Sistem Pemerintahan Berbasis
Elektronik (SPBE), aplikasi ini merupakan platform satu pintu yang menyediakan
berbagai macam jenis layanan yang disediakan Pemerintah Kota Yogyakarta untuk
memperoleh pelayanan publik secara online yang lebih cepat, mudah, dan
transparan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pelaksanan inovasi
Aplikasi Jogja Smart Service dan menganalisis faktor penghambat dalam
pelaksanaan inovasi menggunakan teori atribut inovasi menurut Rogers. Penelitian
ini menggunakan metode kualitatif dengan mengumpulkan data melalui observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan
Aplikasi Jogja Smart Service belum berjalan optimal dilihat dari atribut inovasi
kerumitan dan kesesuaian. Terdapat faktor penghambat pada pelaksanaan inovasi
Aplikasi Jogja Smart Service yaitu ketergantungan terhadap high performer,
minimnya sosialisasi pengenalan aplikasi, kebijakan alur pendaftaran aplikasi yang
rumit, tidak adanya penghargaan atau insentif atas kinerja pegawai. Sarana atau
rekomendasi yang dapat peneliti berikan berupa melakukan sosialisasi pengenalan
Aplikasi Jogja Smart Service secara lebih rutin dan massif melalui pemanfaatan
media sosial, pemberian penghargaan atau reward kepada bidang yang mengelola
inovasi agar termotivasi dan bersemangat dalam bekerja, melakukan kerja sama
dengan pihak ketiga selain PT Gamatechno, mempersingkat proses pendaftaran
aplikasi dengan memangkas alur-alur pendaftaran yang menyulitkan dan
dikeluhkan masyarakat.
Kata Kunci: Inovasi; Pelayanan Publik; Aplikasi Jogja Smart Service
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 11 Jun 2024 07:31 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 07:31 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23531 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |