Search for collections on Undip Repository

KEABSAHAN PERJANJIAN JUAL BELI LAYANAN LANGGANAN AKUN APLIKASI CANVA MELALUI MEDIA SOSIAL X. _ 75 PDT 2024

FABIJANTO, PRAMESTIA ARUM and Turisno, Bambang Eko and Badriyah, Siti Malikhatun (2024) KEABSAHAN PERJANJIAN JUAL BELI LAYANAN LANGGANAN AKUN APLIKASI CANVA MELALUI MEDIA SOSIAL X. _ 75 PDT 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Pramestia Arum Fabijanto_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pramestia Arum Fabijanto_abstrak.pdf

Download (107kB)
[img] Text
Pramestia Arum Fabijanto_bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] Text
Pramestia Arum Fabijanto_bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
Pramestia Arum Fabijanto_bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[img] Text
Pramestia Arum Fabijanto_bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] Text
Pramestia Arum Fabijanto_dapus.pdf

Download (1MB)

Abstract

Canva merupakan aplikasi yang memiliki fitur desain grafis untuk membuat karya desain secara online. Layanan akun Canva berbayar dapat dibeli melalui situs resmi Canva. Persyaratan penggunaan Canva melarang pengguna untuk memperjualbelikan, menyewakan kembali, atau mengizinkan pihak lain mengakses dan menggunakan layanan Canva. Akan tetapi, banyak ditemukan praktik jual beli akun aplikasi Canva melalui pihak ketiga pada media sosial X. Legalitas perolehan akun tersebut tentunya tidak terjamin karena harga yang ditawarkan cukup berbeda dengan yang ditawarkan oleh Pihak Canva resmi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keabsahan perjanjian jual beli akun langganan aplikasi Canva melalui media sosial X dan mengetahui perlindungan hukum dalam hal terjadi wanprestasi jual beli akun langganan aplikasi Canva melalui media sosial X. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis empiris, spesifikasi penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis, jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer, yaitu wawancara dan bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier, serta metode data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian ini adalah keabsahan perjanjian jual beli langganan akun aplikasi Canva melalui media sosial X tidak sah berdasarkan syarat sah perjanjian, yaitu sepakat mereka yang mengikatkan dirinya, kecakapan untuk membuat perikatan, suatu hal tertentu, dan suatu sebab yang halal. Hal ini dikarenakan perjanjian tersebut tidak memenuhi beberapa syarat sah perjanjian; Perlindungan hukum terhadap pembeli selaku konsumen dalam hal terjadi permasalahan penting untuk diketahui supaya hak-hak konsumen dapat terlindungi dan kewajiban pelaku usaha dapat diketahui. Penyelesaian hukum terkait durasi penggunaan akun Canva yang tidak sesuai dengan perjanjian yang disepakati dapat melalui jalur pengadilan atau luar pengadilan berdasarkan peraturan perundang-undang di Indonesia, penyelesaian yang dapat dilakukan terkait masalah durasi akun langganan Canva yang tidak sesuai sebagaimana yang diperjanjikan adalah dengan melakukan negosiasi pribadi dengan itikad baik antara penjual dan pembeli akun Canva melalui media sosial X.
Kata Kunci: Jual Beli, Aplikasi, Canva, Media Sosial X.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Jual Beli, Aplikasi, Canva, Media Sosial X
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 10 Jun 2024 08:38
Last Modified: 10 Jun 2024 08:38
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23341

Actions (login required)

View Item View Item