Search for collections on Undip Repository

KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS KECAMATAN KEBAYORAN LAMA JAKARTA SELATAN

Widyastuti, Fitta Tri (2024) KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS KECAMATAN KEBAYORAN LAMA JAKARTA SELATAN. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img] Text
COVER (1).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] Text
BAB 1 (1).pdf - Submitted Version

Download (309kB)
[img] Text
BAB 2 (1).pdf - Submitted Version

Download (226kB)
[img] Text
BAB 3 (1).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (900kB)
[img] Text
BAB 4 (1).pdf - Submitted Version

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf - Submitted Version

Download (16kB)
[img] Text
LAMPIRAN (1).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kualitas Pelayanan Kesehatan merupakan suatu hal yang penting untuk didapatkan oleh seluruh masyarakat. Studi ini bertujuan untuk menganalisis Kualitas Pelayanan Kesehatan dan faktor yang terkait dengan kualitas pelayanan di Puskesmas Kecamatan Kebayoran Lama dengan fokus penelitian pada pelayanan UKP (Usaha Kesehatan Perseorangan). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan tipe deskriptif, data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi kepustakaan, dan menggunakan Teknik pemilihan informan yaitu purposive sampling. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi hasil penelitian menunjukkan bahwa pada teori kualitas yang digunakan terdapat empat gejala yang signifikan yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan satu gejala kurang signifikan yaitu emphaty. Kemudian pada teori tujuan dua yaitu faktor yang terkait dengan kualitas pelayanan terdapat lima gejala yang signifikan dan 1 gejala yang kurang signifikan. Terdapat temuan yang dapat dijadikan sebagai cara meningkatkan dan mempertahankan kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Kecamatan Kebayoran Lama Jakarta Selatan seperti adanya penerapan hospitality yang saat ini sedang berjalan. Tindakan selanjutnya yaitu dapat meningkatkan pelayanan, keramahan petugas, sarana pelayanan dan mengoptimalkan hasil temuan yang di dapatkan.

Kata Kunci: Kualitas, Pelayanan, UKP, Puskesmas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 29 May 2024 02:41
Last Modified: 30 May 2024 08:34
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23183

Actions (login required)

View Item View Item