Search for collections on Undip Repository

IMPLEMENTASI PROGRAM PELAYANAN TANAH AKHIR PEKAN (PELATARAN) SEBAGAI PERWUJUDAN PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA BADAN PERTANAHAN NASIONAL. _ 41 HAN 2024

MUSYAROFAH, SITI ILYA and Susanto, Sri Nur Hari and Azhar, Muhamad (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM PELAYANAN TANAH AKHIR PEKAN (PELATARAN) SEBAGAI PERWUJUDAN PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA BADAN PERTANAHAN NASIONAL. _ 41 HAN 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
SITI ILYA MUSYAROFAH_cover.pdf

Download (662kB)
[img] Text
SITI ILYA MUSYAROFAH_abstrak.pdf

Download (280kB)
[img] Text
SITI ILYA MUSYAROFAH_bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] Text
SITI ILYA MUSYAROFAH_bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] Text
SITI ILYA MUSYAROFAH_bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img] Text
SITI ILYA MUSYAROFAH_bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text
SITI ILYA MUSYAROFAH_dapus.pdf

Download (944kB)

Abstract

Pemerintah selaku penyelenggara pelayanan publik wajib menyediakan pelayanan publik sebagai hak dasar setiap warga negara (khususnya Badan Pertanahan Nasional). Penyelenggaraan pelayanan publik harus menerapkan prinsip good governance sesuai Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Pokok pembahasan penelitian ini berfokus pada Program Pelayanan Tanah Akhir Pekan (Pelataran) oleh Badan Pertanahan Nasional Semarang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui landasan pengaturan program Pelayanan Tanah Akhir Pekan (Pelataran), bagaimana implementasi program Pelayanan Tanah Akhir Pekan (Pelataran), dan bagaimana kendala dalam pelaksanaan program Pelayanan Tanah Akhir Pekan (Pelataran).
Metode penelitian yang digunakan yakni pendekatan yuridis empiris. Pengumpulan data dilakukan melalui tiga sumber utama, yaitu data primer, data sekunder, dan data tersier. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif, dengan data yang disajikan melalui studi lapangan dan studi kepustakaan.
Hasil analisis menunjukkan landasan program Pelayanan Tanah Akhir Pekan (Pelataran) didasarkan atas Surat Edaran Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 14/SE-HK.02/VII/2022 Tentang Loket Prioritas Pelayanan Pertanahan dan Program Pelayanan Tanah Akhir Pekan (Pelataran) (sebagai Beleidsregel), Peraturan Daerah Kota Semarang Nomor 6 Tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2026 (sebagai Wettelijk regeling), dan regulasi lain sebagai pendukung; implementasi program Pelayanan Tanah Akhir Pekan (Pelataran) dilaksanakan hanya pada hari sabtu saja pukul 08.00 WIB-12.00 WIB melalui empat loket dan telah memenuhi prinsip good governance dalam pelayanan publik kecuali prinsip aturan hukum; dan kendala pelaksanaan Pelayanan Tanah Akhir Pekan (Pelataran) meliputi tidak terpenuhinya komponen substansi hukum menurut Teori Lawrence Meir Friedman, pelaksanaan hanya pada Sabtu saja karena digunakan sebagai tempat CFD, dan kurangnya lahan parkir bagi pemohon. Oleh karena itu, diperlukan adanya peraturan khusus (khususnya Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional) yang membahas terkait Program Pelayanan Tanah Akhir Pekan (Pelataran) dan penyediaan lahan parkir bagi pemohon sehingga tidak menggunakan bahu jalan untuk parkir.
Kata Kunci: Pelayanan Publik, Good Governance, Badan Pertanahan Nasional, Pelayanan Tanah Akhir Pekan (Pelataran).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Good Governance, Badan Pertanahan Nasional, Pelayanan Tanah Akhir Pekan (Pelataran)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 07 Jun 2024 09:08
Last Modified: 07 Jun 2024 09:08
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23172

Actions (login required)

View Item View Item