Search for collections on Undip Repository

ANALISIS MODEL BISNIS UNTUK BRAND SKINCARE DALAM UPAYA MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING (Studi Pada Brand Lamooi Beautycare)

OKTAVANI, Tiara Siska (2023) ANALISIS MODEL BISNIS UNTUK BRAND SKINCARE DALAM UPAYA MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING (Studi Pada Brand Lamooi Beautycare). Masters thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[img] Text (Cover)
1._T___Cover___12010121420173.pdf - Published Version

Download (293kB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4._T___Abstrak_(Inggris)___12010121420173.pdf - Published Version

Download (209kB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._T___Abstrak_(Indonesia)___12010121420173.pdf - Published Version

Download (351kB)
[img] Text (Daftar Isi)
6._T___Daftar_Isi___12010121420173.pdf - Published Version

Download (419kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12._T___Daftar_Pustaka___12010121420173.pdf - Published Version

Download (414kB)
[img] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._T___Fulltext_PDF_Bookmarks___12010121420173.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis model bisnis Lamooi
Beautycare, pemain baru di industri perawatan kulit yang sangat kompetitif.
Meskipun mendapat pengakuan positif dari pelanggan, Lamooi Beautycare
menghadapi tantangan untuk membentuk keunggulan kompetitif di tengah pasar
perawatan kulit yang dinamis. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi
faktor internal dan eksternal yang memengaruhi industri perawatan kulit saat ini
dan merumuskan strategi pengembangan bisnis yang meningkatkan keunggulan
kompetitif perusahaan. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif
dengan desain studi kasus. Pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan purposive sampling. Dalam penelitian ini, informan yang
digunakan sebagai subjek penelitian adalah Perusahaan/Brand Kecantikan, yaitu
Lamooi Beautycare, dengan responden, yaitu pemilik merek kecantikan yang akan
diteliti, manajer. Kerangka Resource-Based View (RBV) akan digunakan untuk
menganalisis faktor internal, dilengkapi dengan kerangka Five Forces Porter
untuk analisis faktor eksternal. Selain itu, penelitian ini akan menggabungkan
Business Model Canvas (BMC) untuk merumuskan strategi pengembangan bisnis
yang komprehensif. Melalui analisis ini, penelitian bertujuan untuk memberikan
pemahaman mendalam tentang dinamika industri perawatan kulit, mengevaluasi
faktor-faktor kritis yang memengaruhi kesuksesan Lamooi Beautycare, dan
mengembangkan strategi yang tepat untuk mencapai keunggulan kompetitif.
Dengan memahami lebih baik faktor internal dan eksternal, diharapkan Lamooi
Beautycare dapat mengoptimalkan potensi internalnya, memanfaatkan peluang
pasar, dan menghadapi tantangan kompetitif, dengan akhirnya mewujudkan visi
dan misinya sambil memperluas bisnisnya di era yang sangat kompetitif ini.
Strategi yang sudah atau sedang diimplementasikan oleh pemilik Brand Lamooi
Beautycare sesuai dengan sembilan elemen dalam Business Model Canvas, yaitu,
Segmen Pelanggan, Proposisi Nilai, Hubungan Pelanggan, dan Sumber Daya
Kunci.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: model bisnis, merek perawatan kulit, resource-based view, five forces porter, keunggulan kompetitif.
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Master Program in Management
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 27 May 2024 06:42
Last Modified: 27 May 2024 06:42
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23113

Actions (login required)

View Item View Item