Search for collections on Undip Repository

EFEKTIVITAS INOVASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS E- GOVERNMENT MELALUI APLIKASI “REMBANG GEMILANG MOBILE” DI KABUPATEN REMBANG

Desintawati, Septika Ayu (2024) EFEKTIVITAS INOVASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS E- GOVERNMENT MELALUI APLIKASI “REMBANG GEMILANG MOBILE” DI KABUPATEN REMBANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Ayu_BAB 1 - Septika AyuDw.pdf - Published Version

Download (9MB)
[img] Text
Ayu_BAB 2 - Septika AyuDw.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Ayu_BAB 3 - Septika AyuDw.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
Ayu_BAB 4 - Septika AyuDw.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img] Text
Ayu_COVER - Septika AyuDw.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
Ayu_DAFTAR PUSTAKA - Septika AyuDw.pdf - Published Version

Download (834kB)
[img] Text
Ayu_LAMPIRAN - Septika AyuDw.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya penggunaan IT berbasis internet
oleh masyarakat luas mendorong penyelenggara pemerintahan baik ditingkat
pusat maupun daerah untuk memanfaatkan teknologi dalam pemberian layanan
publik agar lebih efisien. Penggunaan teknologi yang semakin banyak dalam
memenuhi kebutuhan pelayanan untuk masyarakat maka semakin banyak pula
inovasi pelayanan publik yang diciptakan. Oleh karena itu, dibuatlah suatu Inovasi
Pelayanan Publik dengan memanfaatkan IT dalam bentuk Aplikasi yaitu
Rembang Gemilang Mobile oleh Dinkominfo Kab. Rembang sebagai bentuk
peningkatan pelayanan publik. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis
efektivitas inovasi pelayanan publik berbasis e-Government melalui aplikasi
“Rembang Gemilang Mobile” di Kabupaten Rembang dan faktor penghambat
serta pendorong yang mempengaruhi. Peneliti ini menggunakan metode penelitian
kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 10 informan yang
terdiri dari 5 informan OPD dan 5 informan masyarakat yang pernah atau saat ini
merupakan pengguna Aplikasi “Rembang Gemilang Mobile”. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah indepth interview
menggunakan pedoman wawancara. Analisis data dalam penelitian ini melibatkan
langkah-langkah seperti memilih data, menampilkan data dengan jelas, membuat
kesimpulan serta memastikannya. Semua langkah ini dilakukan dengan teliti,
mendalam, dan mudah dimengerti. Hasil penelitian menggambarkan bahwa
efektivitas inovasi pelayanan publik berbasis e-Government melalui Aplikasi
“Rembang Gemilang Mobile” dapat dikatakan belum efektif dari indikator
kualitas sistem, pencapaian tujuan, kepuasan terhadap program, dan sosialisasi
program dikarenakan terdapat faktor-faktor yang menghambat efektivitas tersebut
diantaranya sarana prasarana, kompetensi SDM, keahlian, teknologi informasi,
dan kerjasama/dukungan OPD.
Kata Kunci: Efektivitas, Inovasi, Pelayanan Publik, Rembang Gemilang
Mobile

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: Endang Suprihatin
Date Deposited: 20 May 2024 01:34
Last Modified: 20 May 2024 01:38
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/22914

Actions (login required)

View Item View Item