Search for collections on Undip Repository

INOVASI E-SIMPEL DALAM PENINGKATAN PELAYANAN KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN GROBOGAN

Lolitasari, Aliza (2024) INOVASI E-SIMPEL DALAM PENINGKATAN PELAYANAN KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN GROBOGAN. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (789kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (918kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (661kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (798kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version

Download (329kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (538kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (646kB)

Abstract

Inovasi pelayanan publik merupakan perubahan aktivitas dari sebuah proses, konsep, penerapan dan kapabilitas yang dapat menentukan sebuah keberhasilan dalam organisasi sektor publik. Demikian, Dispendukcapil Kabupaten Grobogan menciptakan inovasi e-Simpel. Inovasi e-Simpel adalah salah satu pelayanan dokumen kependudukan berbasis online dan bermanfaat dalam memudahkan masyarakat ketika mengurus dokumen kependudukan.Rumusan masalah penelitian ini, bagaimana inovasi e-Simpel serta faktor pendorong dan penghambat dalam peningkatan pelayanan kependudukan di Dispendukcapil Kabupaten Grobogan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis inovasi e-Simpel dan mengidentifikasi faktor pendorong dan penghambat inovasi dalam peningkatan pelayanan kependudukan di Dispendukcapil Kabupaten Grobogan. Penelitian ini menggunakan teori atribut inovasi menurut Everett M. Rogers yaitu keuntungan relatif, kesesuaian, kerumitan, kemungkinan dicoba, dan kemudahan diamati. Sedangkan faktor pendorong dan penghambat menurut Harrington Emerson yaitu Man, Money, Materials, Machine, Methods. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian pelaksanaan inovasi e-Simpel dapat dilihat dari adanya keuntungan yang dirasakan masyarakat berupa kenyaman dan kepuasaan. Dilihat dari kesesuaian kebutuhan masyarakat, nilai dan norma, dan sesuai dengan pelayanan sebelumnya. Dilihat dari kemungkinan diamati berupa mekanisme mudah dan efisiensi biaya serta waktu. Pada atribut kerumitan yaitu permasalahan server, dan rendahnya partisipasi masyarakat. Dilihat dari kemungkinan dicoba, sosialisasi belum menyebar secara luas. Selain itu, terdapat faktor pendorong berupa pegawai dan sarana prasarana. Sedangkan faktor penghambat meliputi anggaran, teknologi, dan prosedur. Dalam meningkatkan inovasi e-Simpel, disarankan pihak pengelola dapat menyederhanakan proses penggunaan e-Simpel, melakukan pemeliharaan aplikasi, dan melakukan sosialisasi secara masif.

Kata Kunci: Administrasi Kependudukan, e-Simpel, Inovasi Pelayanan Publik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 21 Mar 2024 03:12
Last Modified: 31 May 2024 01:24
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21925

Actions (login required)

View Item View Item