Search for collections on Undip Repository

MENGUKUR LEAN SIX SIGMA DAN KUALITAS KINERJA PADA ORGANISASI LAYANAN KESEHATAN (STUDI PADA RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG)

AZKIA, Layyinatussyifa' (2023) MENGUKUR LEAN SIX SIGMA DAN KUALITAS KINERJA PADA ORGANISASI LAYANAN KESEHATAN (STUDI PADA RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG). Masters thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[img] Text (Cover)
1._T___Cover___12010120410023.pdf - Published Version

Download (272kB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4._T___Abstrak_(Inggris)___12010120410023.pdf - Published Version

Download (234kB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._T___Abstrak_(Indonesia)___12010120410023.pdf - Published Version

Download (452kB)
[img] Text (Daftar Isi)
6._T___Daftar_Isi___12010120410023.pdf - Published Version

Download (261kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12._T___Daftar_Pustaka___12010120410023.pdf - Published Version

Download (388kB)
[img] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._T___Fulltext_PDF_Bookmarks___12010120410023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam beberapa dekade terakhir serta adanya persaingan di era globalisasi,
menghasilkan persaingan antar perusahaan yang mengakibatkan perusahaan
membuat strategi untuk meningkatkan daya saing. Perusahaan dituntut untuk terus
meningkatkan kualitas produk atau layanan. Rumah Sakit adalah salah satu sektor
jasa yang harus memaksimalkan kualitas pelayanan agar pelanggan tetap senang.
Kualitas pelayanan yang optimal harus selalu diterapkan dalam setiap industri
khususnya pada organisasi pelayanan kesehatan, karena tanpa kualitas pelayanan
yang baik maka pasien dan masyarakat dapat kecewa dan akhirnya kehilangan
loyalitasnya.
Tujuan penelitian ini di harapkan dapat di gunakan oleh manajemen
perusahaan sebagai acuan untuk memberikan layanan kesehatan yang baik dengan
mengukur Lean Six sigma dan kualitas layanan pada Rumah Sakit Gigi dan Mulut
Universitas Muhammadiyah Semarang. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan
metode kuantitatif. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini yaitu staf Rumah
Sakit Gigi dan Mulut Unimus yang berjumlah 55 responden.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah
probability sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode survei dengan menggunakan alat bantu kuesioner.
Penerapan Continous Quality Improvement dapat mencapai kinerja suatu
organisasi. Hal ini dikarenakan, CQI merupakan suatu cara organisai mengadakan
peningkatan secara terus-menurus mengarah ke kemajuan yang lebih baik.
Penerapan Lean Management Intiviates di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Unimus
sebagai peningkatan untuk mencapai kualitas kinerja organisasi. Six Sigma
berpengaruh terhadap kualitas kinerja di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Unimus
dengan diterapkan Six Sigma Iniviates dapat mendorong suatu layanan kesehatan
dengan mendapatkan performa yang tinggi dan membantu organisasi layanan
kesehatan menemukan cara untuk memaksimalkan sumber daya, menghilangkan
pemborosan dan mendapatkan hasil yang dapat mengurangi biaya dan
meningkatkan kepuasan pasien.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: mengukur lean six sigma, kualitas kinerja, layanan kesehatan.
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Master Program in Management
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 19 Mar 2024 07:13
Last Modified: 13 May 2024 02:45
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21872

Actions (login required)

View Item View Item