Kristiawan, Daffa Aulya (2024) IMPLEMENTASI LAYANAN WHISTLEBLOWING SYSTEM DI INSPEKTORAT KABUPATEN REMBANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Text (Cover)
COVER_Daffa Aulya Kristiawan_14020220140009.pdf - Submitted Version Download (398kB) |
|
Text
BAB II_Daffa Aulya Kristiawan_14020220140009.pdf - Submitted Version Download (199kB) |
|
Text
BAB III_Daffa Aulya Kristiawan_14020220140009.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (607kB) |
|
Text
BAB IV_Daffa Aulya Kristiawan_14020220140009.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_Daffa Aulya Kristiawan_14020220140009.pdf - Submitted Version Download (210kB) |
|
Text
LAMPIRAN_Daffa Aulya Kristiawan_14020220140009.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (839kB) |
|
Text (Bab I)
BAB I_Daffa Aulya Kristiawan_14020220140009.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (732kB) |
Abstract
IMPLEMENTASI LAYANAN WHISTLEBLOWING SYSTEM DI INSPEKTORAT KABUPATEN REMBANG
Abstrak
Layananpengaduanmasyarakatmerupakanbentukkebijkandaripemerintahgunameningkatkanakuntabilitasinstansidalammemberikanpelayananuntukmasyarakat. Salah satuinstansi yang telahmenerapkanlayananpengaduanmasyarakatberbasis online adalahInspektoratKabupatenRembangdalambentukWhistleblowing system. PenelitianinibertujuanuntukmenganalisisimplementasilayananWhistleblowing system, sertaelemen-elemen yang mendukungataumenghambatimplementasinya. Penelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifdenganmenggunakan strategi kualitatif. Hasil penelitianmenunjukkanbahwaimplementasiWhistleblowing systembelum optimal karenaminimnyalaporanaduandarimasyarakat.Faktor pendorongdalamimplementasilayananWhistleblowing system di InspektoratKabupatenRembangadalahkualitaspelaksana dan strukturbirokrasi. Hambatan yang dihadapiantara lain kendalakomunikasi, kewenangan, keuangan dan sumberdayamanusia.DapatdisimpulkanbahwaImplementasilayananWhistleblowing system di InspektoratKabupatenRembangsecarakeseluruhansudahberjalandenganbaiknamunbeberapafaktorpenghambatmenyebabkanpelaksanaan program kurang optimal. Saran daripenelitimelaksanakan forum khususuntukmengenalkanlayananpengaduan, mengalihkansistempengaduan yang tadinyakonvensionalsekarangmenggunakanlayananWhistleblowing system, melakukanrekrutmenmandiriuntukmenambahpegawai, menggunakanjasaoutsourchinguntukpembaruan, mengoptimalkanpegawaigunamemperbaruiWhistleblowing system, melakukan lobby dengan BKD untukpertimbanganpegawai.
Kata Kunci :Implementasi, Kebijakan Publik, Whistleblowing system
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Humanities |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration |
Depositing User: | Endang Suprihatin |
Date Deposited: | 18 Mar 2024 07:24 |
Last Modified: | 18 Mar 2024 07:25 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21830 |
Actions (login required)
View Item |