Search for collections on Undip Repository

IMPLEMENTASI LAYANAN WHISTLEBLOWING SYSTEM DI INSPEKTORAT KABUPATEN REMBANG

Kristiawan, Daffa Aulya (2024) IMPLEMENTASI LAYANAN WHISTLEBLOWING SYSTEM DI INSPEKTORAT KABUPATEN REMBANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text (Cover)
COVER_Daffa Aulya Kristiawan_14020220140009.pdf - Submitted Version

Download (398kB)
[img] Text
BAB II_Daffa Aulya Kristiawan_14020220140009.pdf - Submitted Version

Download (199kB)
[img] Text
BAB III_Daffa Aulya Kristiawan_14020220140009.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img] Text
BAB IV_Daffa Aulya Kristiawan_14020220140009.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_Daffa Aulya Kristiawan_14020220140009.pdf - Submitted Version

Download (210kB)
[img] Text
LAMPIRAN_Daffa Aulya Kristiawan_14020220140009.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (839kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I_Daffa Aulya Kristiawan_14020220140009.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (732kB)

Abstract

IMPLEMENTASI LAYANAN WHISTLEBLOWING SYSTEM DI INSPEKTORAT KABUPATEN REMBANG

Abstrak
Layananpengaduanmasyarakatmerupakanbentukkebijkandaripemerintahgunameningkatkanakuntabilitasinstansidalammemberikanpelayananuntukmasyarakat. Salah satuinstansi yang telahmenerapkanlayananpengaduanmasyarakatberbasis online adalahInspektoratKabupatenRembangdalambentukWhistleblowing system. PenelitianinibertujuanuntukmenganalisisimplementasilayananWhistleblowing system, sertaelemen-elemen yang mendukungataumenghambatimplementasinya. Penelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifdenganmenggunakan strategi kualitatif. Hasil penelitianmenunjukkanbahwaimplementasiWhistleblowing systembelum optimal karenaminimnyalaporanaduandarimasyarakat.Faktor pendorongdalamimplementasilayananWhistleblowing system di InspektoratKabupatenRembangadalahkualitaspelaksana dan strukturbirokrasi. Hambatan yang dihadapiantara lain kendalakomunikasi, kewenangan, keuangan dan sumberdayamanusia.DapatdisimpulkanbahwaImplementasilayananWhistleblowing system di InspektoratKabupatenRembangsecarakeseluruhansudahberjalandenganbaiknamunbeberapafaktorpenghambatmenyebabkanpelaksanaan program kurang optimal. Saran daripenelitimelaksanakan forum khususuntukmengenalkanlayananpengaduan, mengalihkansistempengaduan yang tadinyakonvensionalsekarangmenggunakanlayananWhistleblowing system, melakukanrekrutmenmandiriuntukmenambahpegawai, menggunakanjasaoutsourchinguntukpembaruan, mengoptimalkanpegawaigunamemperbaruiWhistleblowing system, melakukan lobby dengan BKD untukpertimbanganpegawai.
Kata Kunci :Implementasi, Kebijakan Publik, Whistleblowing system

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Humanities
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: Endang Suprihatin
Date Deposited: 18 Mar 2024 07:24
Last Modified: 18 Mar 2024 07:25
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21830

Actions (login required)

View Item View Item