Search for collections on Undip Repository

BUSINESS DEVELOPMENT STRATEGY OF CHEMICAL CLEANING BUSINESS ‘SEBERSIH’

Gilang, Fajar Garnida (2023) BUSINESS DEVELOPMENT STRATEGY OF CHEMICAL CLEANING BUSINESS ‘SEBERSIH’. Masters thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img] Text
SAMPUL.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (293kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (238kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Business Development Strategy of Chemical Cleaning Business ‘SEBERSIH’.
Oleh Fajar Gilang Garnida. NIM: 14030120410011. Pembimbing 1: Dr. Sari
Listyorini, S.Sos, M.AB; Pembimbing 2: Dr. Andi Wijayanto, S.Sos, M.Si.
Program Studi Magister Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,
Universitas Diponegoro.
PT. Faragis Tetra Utama sebagai perusahaan baru dengan merek dagang
“Sebersih” untuk produk cairan pembersih belum banyak dikenal oleh masyarakat
meskipun telah menerapkan strategi penjualan melalui marketplace dan melalui
distributor tetapi penjualan produk masih kurang stabil. Tujuan penelitian ini yaitu
untuk menganalisis (1) strategi bersaing dalam pengembangan bisnis yang
dilakukan oleh “Sebersih” saat ini; (2) kondisi lingkungan internal yang menjadi
kekuatan dan kelemahan bagi “Sebersih”; (3) kondisi lingkungan eksternal yang
menjadi peluang dan ancaman bagi “Sebersih”; dan (4) formulasi strategi
perusahaan yang tepat bagi “Sebersih” untuk mencapai keunggulan dalam
bersaing. Metode penelitian ini yaitu kualitatif dengan data penelitian berupa data
primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan studi
dokumentasi. Analisis data menggunakan metode SWOT dengan analisis faktor
internal eksternal dan matriks SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)
Strategi bersaing yang digunakan oleh 'Sebersih' saat ini berupa strategi
differensition dan cost leadership; (2) Kekuatan utama “Sebersih” adalah lokasi
yang mudah dijangkau karena distributor tersebar di seluruh kota-kota besar di
Indonesia sedangkan kelemahan utamanya adalah produk yang ditawarkan
memiliki varian ukuran terbatas dan kurangnya promosi melalui social media di
era digital. (3) Peluang utama “Sebersih” adalah pasar yang sangat luas karena
produk FMCG dan membangun kerjasama dengan para pelanggan untuk
mempromosikan perusahaan melalui word of mouth sedangan ancaman utama
berupa adanya kenaikan harga bahan baku dan kehilangan loyalitas pelanggan
karena banyak industri yang sama dengan penawaran yang lebih menarik. (4)
Strategi bisnis yang tepat bagi Bagi “Sebersih” dalam pengembangan bisnis dari
analisis faktor lingkungan eksternal dan internal yaitu strategi pengembangan pasar
(market development), strategi pengembangan produk (product development) dan
strategi penetrasi pasar (market penetration) sesuai dengan posisi perusahaan pada
Kuadran I dengan strategi agresif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Master Program in Business Administration
Depositing User: Rusmanto MABIS
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:22
Last Modified: 08 Jan 2024 03:29
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19913

Actions (login required)

View Item View Item