Taqwa, Yovita Bilqis Saba (2022) PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM GANJAR PRANOWO DALAM KAMPANYE POLITIK PEMILIHAN GUBERNUR JAWA TENGAH TAHUN 2018 28PEM2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Text
cover_yovitaa.pdf - Submitted Version Download (367kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Submitted Version Download (683kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Submitted Version Download (521kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Submitted Version Download (91kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (198kB) |
Abstract
Media sosial awal munculnya hanya memperkenalkan sebagai media untuk
bersosialisasi dengan teman dan kerabat dekat, saat ini media sosial sebagai informasi antara
individu dengan institusi salah satunya instagram. Perkembangan tersebut Menjadi
perkembangan partai politik dan kandidat dengan memperkenalkan dirinya melalui Instagram.
Instagram secara signifikan mengubah aksesibilitas dan ketersediaan informasi pada paslon
tersebut.Tujuan penelitian ini adalah untuk mnegetahui dan menganalisis Penggunaan media
sosial instagram Ganjar pranowo dalam kampanye politik pemilihan gubernur Jawa Tengah
tahun 2018, untuk mengetahui dan menganalisis dampak positif dan negatif dalam Penggunaan
media sosial instagram Ganjar Pranowo dalam kampanye politik pemilihan gubernur Jawa
Tengah tahun 2018, dan untuk mengetahui kendala dalam Penggunaan media sosial instagram
Ganjar Pranowo dalam kampanye politik pemilihan gubernur Jawa Tengah tahun 2018.
Metode penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif deskriptif yang
memberikan gambaran secara jelas mengenai bagaimana proses dan efektivitas kampanye
politik di media sosial akun Instagram @ganjarpranowo pada Kampanye Pemilihan umum
Jawa Tengah 2018.
Hasil penelitian penggunaan media sosial instagram kampanye politik melalui Media
Instagram, tidak banyak mengeluarkan material yang lebih banyak dibandingkan tanpa
menggunakan media sosial Instagram, kampanye melalui media sosial instagram hanya
membutuhkan waktu sedikit sekali kampanye bisa memperlihatkan pada masyarakat luas
dibandingkan tanpa media sosial yang harus bisa bertemu masyarakat sekabupaten, Kampanye
menggunakan media sosial instagram mampu menghasilkan suara yang lebih maximal karena
kecepatan akses intagram yang bisa memperluas upload setiap kegiatan kampanye yang
diposting.2. Dampak Positif Mempermudah Bawaslu dalam pengawasan, Masyarakat secara
langsung bisa mengikuti kampanye yang dilakukan Ganjar Pranowo, Ganjar Pranowo bisa
meramalkan apakan bisa menang atau kalah dilihat dari folloer yang memberi like setiap
kegiatan kampanye.3. Dampak Negatif Bawaslu tidak bisa mengadakan pengawasan secara
detail, sebab Ganjar Pranowo tidak semua kegiatannya diupload, Masyarakat tidak bisa melihat
langsung kebenaran kampanye yang dilakukan, dalam isntagramnya hanya berisi kalimatkalimat
yang
manis,
Tidak
bisa
menilai
apakah
calon
calon
tersebut
berkualitas
atau
tidak,
dan
Media
sosial instagram pemilihan pemimpin dipandang kelas yang sangat rendah karena
sekelas dengan produk yang dijual yang tidak tahu apakah produk-produk tersebut sesuai.
Kata kunci: Media sosial instagram, pemilihan umum, kampanye Ganjar Pranowo
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 20 Nov 2023 04:46 |
Last Modified: | 20 Nov 2023 04:46 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18117 |
Actions (login required)
View Item |