Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Lingkungan Kerja dan Learning terhadap Kinerja Karyawan melalui Motivasi Kerja sebagai Variabel Intervening (Studi pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi IV Semarang) 141adbis2023

Jati, Dewi Sekar (2023) Pengaruh Lingkungan Kerja dan Learning terhadap Kinerja Karyawan melalui Motivasi Kerja sebagai Variabel Intervening (Studi pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi IV Semarang) 141adbis2023. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
1. COVER.pdf - Submitted Version

Download (536kB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (516kB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (328kB)
[img] Text
4. BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (814kB)
[img] Text
5. BAB 4.pdf - Submitted Version

Download (20kB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (132kB)
[img] Text
7. LAMPIRAN.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Sebuah perusahaan dituntut untuk mengoptimalkan sumber daya manusianya dalam memenangkan persaingan bisnis yang semakin kuat. Sumber daya manusia merupakan aset terpenting bagi organisasi, pengoptimalan sumber daya manusia harus ditingkatkan secara efektif dan efisien sehingga terwujud kinerja karyawan yang produktif. Dalam mencapai tujuan setiap organisasi dipengaruhi oleh kinerja karyawan yang merupakan ujung tombak keberhasilan dari organisasi. Tercapainya pengoptimalan sumber daya manusia, perusahaan harus menciptakan kondisi yang membuat karyawan merasa nyaman, dan dapat mengembangkan hardskill dan softskill secara optimal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja dan learning terhadap Kinerja Karyawan melalui Motivasi Kerja sebagai Variabel Intervening pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi IV Semarang. Tipe penelitian ini adalah eksplanatory research yang dibantu dengan penyebaran kuesioner dan sampel yang dipilih berjumlah 100 orang dengan metode purposive sampling. Responden penelitian ini adalah karyawan di seluruh unit PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi IV Semarang. Penelitian ini menggunakan aplikasi SmartPLS dalam menghitung data primer yang diujikan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan kerja dan learning memiliki pengaruh secara langsung positif dan signifikan terhadap motivasi kerja dan kinerja karyawan. Lingkungan kerja dan learning juga berpengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung terhadap kinerja karyawan melalui motivasi kerja. Variabel motivasi kerja pada penelitian ini memiliki peran sebagai variabel pemediasi parsial. Adapun saran yang diberikan terhadap PT. Kereta Api Indonsia (Persero) Daop IV Semarang, yaitu perusahaan lebih memperhatikan lingkungan kerja, learning karyawan, dan motivasi kerja sehingga dapat meningkatkan kinerja karyawan. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya dapat menambahkan variabel lain yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan dan dapat lebih memperluas objek penelitian.
Kata Kunci: lingkungan kerja, learning, motivasi kerja, kinerja karyawan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: Fakultas ISIP
Date Deposited: 12 Oct 2023 06:22
Last Modified: 03 Nov 2023 08:25
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16961

Actions (login required)

View Item View Item