Search for collections on Undip Repository

ANALISIS KINERJA DPMPTSP KABUPATEN BLORA DALAM PEMBERIAN LAYANAN PERIZINAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH 145publik2023

Dearvigo, Fernando Ghana (2023) ANALISIS KINERJA DPMPTSP KABUPATEN BLORA DALAM PEMBERIAN LAYANAN PERIZINAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH 145publik2023. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (529kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (414kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (827kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (55kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya pelaku UMKM di Blora yang tidak memiliki izin usaha. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis Kinerja DPMPTSP Kabupaten Blora dalam memberi layanan perizinan usaha mikro, kecil, dan menengah di Kabupaten Blora beserta faktor penghambatnya. Teori yang digunakan adalah teori kinerja organisasi oleh Agus Dwiyanto dan teori kinerja organisasi oleh Selim dan Woodward. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja DPMPTSP Kabupaten Blora dalam memberikan layanan izin usaha belum berjalan dengan baik. Terdapat kriteria kinerja yang penerpannya belum naik, yaitu kriteria kualitas layanan, kriteria responsivitas, kriteria akuntabilitas. Kriteria yang dalam penerapannya sudah cukup baik adalah kriteria produktivitas, kriteria responsibilitas, kriteria equity. Faktor yang menjadi hambatan yaitu berupa sistem jaringan, terbatasnya wewenang DPMPTSP yang berkaitan dengan kewenangan lain yang diluar wewenang DPMPTSP, SDM pegawai yang belum mampu memberikan pelayanan dengan baik kepada lapisan masyarakat. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti adalah DPMPTSP harus meningkatkan kualitas layanan dengan berbagai sosialisasi melalui media atau secara langsung dan layanan jemput bola sehingga prosedur pelayanan menjadi jelas, melaksanakan monitoring pelayanan dan melakukan evaluasi secara rutin, mengadakan pelatihan kepada petugas secara berkala, serta melakukan koordinasi dengan seluruh steakholder yang terlibat sehinggaa tidak terjadi miskomunikasi.
Kata Kunci: Kinerja, pelayanan, UMKM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 03 Oct 2023 08:12
Last Modified: 02 Nov 2023 07:23
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16870

Actions (login required)

View Item View Item