Search for collections on Undip Repository

ANALISIS METODE UTAUT2 UNTUK MENJELASKAN PERILAKU KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN E-COMMERCE DI KALANGAN MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS DIPONEGORO

KUSUMANINGRUM, Arista (2023) ANALISIS METODE UTAUT2 UNTUK MENJELASKAN PERILAKU KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN E-COMMERCE DI KALANGAN MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[img] Text (Cover)
1._S___Cover___12030116140093.pdf - Published Version

Download (269kB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12030116140093.pdf - Published Version

Download (319kB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12030116140093.pdf - Published Version

Download (246kB)
[img] Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12030116140093.pdf - Published Version

Download (291kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12030116140093.pdf - Published Version

Download (324kB)
[img] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12030116140093.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Teori konsumen yang dipergunakan dalam penelitian ini yaitu Theory of
Planned Behavior (TPB), sebuah metode psikologi konsumen dan dikemukakan
oleh Ajzen (1991). Theory of Planned Behavior merupakan teori yang berdasar
pada asumsi jika suatu individu akan berperilaku pantas atau selayaknya. Terdapat
tiga faktor yang memengaruhi niat perilaku dalam Theory of Planned Behavior
yakni, sikap terhadap perilaku, norma subyektif, dan kontrol perilaku yang
dijumpai.
Selain TPB, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis faktor yang
terdapat dalam teori UTAUT2 untuk menjelaskan perilaku konsumen dalam
menggunakan e-commerce di kalangan mahasiswa akuntansi Universitas
Diponegoro. Penelitian ini menguji beberapa variabel yang ada dalam teori
UTAUT2 seperti, ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, kondisi
yang memfasilitasi, motivasi hedonisme, dan kebiasaan untuk mengetahui apa saja
yang memengaruhi niat perilaku dan perilaku penggunaan dalam teknologi ecommerce.
Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif dengan populasi
yang digunakan ialah mahasiswa pengguna e-commerce dalam aplikasi Shopee di
Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Terdapat 109 responden
mengisi kuesioner secara lengkap melalui google form yang dibagikan secara
daring melalui media sosial. Alat yang digunakan untuk menganalisis data dalam
penelitain ini yakni berupa Partial Least Square.
Hasil dari kerangka konseptual dalam penelitian ini menunjukkan bahwa,
ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, dan kebiasaan memberikan pengaruh terhadap
niat perilaku mahasiswa dalam menggunakan e-commerce. Selanjutnya, untuk
kondisi yang memfasilitasi, kebiasaan dan niat perilaku memengaruhi perilaku
penggunaan e-commerce di kalangan mahasiswa. Faktor-faktor lain seperti,
pengaruh sosial, kondisi yang memfasilitasi, dan motivasi hedonisme terbukti tidak
berpengaruh terhadap niat perilaku mahasiswa dalam menggunakan e-commerce.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: online shopping, TPB, UTAUT, UTAUT2, perilaku konsumen, ecommerce,
Subjects: Economics and Business > Accounting
Economics and Business
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 03 Oct 2023 07:39
Last Modified: 03 Oct 2023 07:39
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16865

Actions (login required)

View Item View Item