Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN HARGA DAN PENDAPATAN DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MUSLIM DI OFI BATIK BANJARNEGARA

HIDAYAH, Anis Satul (2023) HUBUNGAN HARGA DAN PENDAPATAN DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MUSLIM DI OFI BATIK BANJARNEGARA. Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[img] Text (Cover)
1._S___Cover___12020218130040.pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12020218130040.pdf - Published Version

Download (276kB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12020218130040.pdf - Published Version

Download (258kB)
[img] Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12020218130040.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12020218130040.pdf - Published Version

Download (393kB)
[img] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12020218130040.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Peningkatan industri batik menjadi peluang sekaligus tantangan bagi pelaku
usaha industri batik. Sejak batik dietapkan sebagai warisan budaya peluang semakin
terbuka lebar. Tantangan yang dihadapi oleh pelaku usaha tidak hanya persaingan
dalam negeri saja tetapi juga dari negara lain. Dalam membentuk keputusan
pembelian batik, konsumen tidak terlepas dari perilakunya. Setiap konsumen
memiliki pengeluaran yang berbeda akan suatu barang/jasa. Penurunan pendapatan
masyarakat berdampak pada pengeluaran konsumsi, Terutama konsumen Muslim
pengeluaran konsumsi akan dipertanggungjawabkan di akhirat kelak. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui hubungan harga dan pendapatan terhadap keputusan
pembelian konsumen Muslim di Ofi batik Banjarnegara. Pada penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif deskriptif kuantitatif. Teknik analisis yang
digunakan adalah analisis korelasi product moment dan rank-spearman. Total sampel
yang diambil pada penelitian ini sebesar 100 responden konsumen Ofi Batik
Banjarnegara dengan teknik accidental sampling.
Hasil penelitian menunjukkan variabel harga mempunyai nilai koefisien
korelasi 0,745 dan sig. 0.000, artinya variabel harga berhubungan kuat dengan
keputusan pembelian. Variabel pendapatan menunjukkan nilai koefisien korelasi
0,331 dan thitung 3,4 artinya variabel pendapatan mempunyai hubungan namun lemah
dengan keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Harga, Pendapatan, Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Islamic Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Islamic Economics
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 02 Oct 2023 03:50
Last Modified: 02 Oct 2023 03:50
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16801

Actions (login required)

View Item View Item