Search for collections on Undip Repository

EFEKTIVITAS PELAYANAN JEMPUT BOLA TIM GERAK KERJA CEPAT DAN RESPONSIF (JEMPOL TIGER JAPRI) DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SEMARANG (STUDI KASUS KECAMATAN SEMARANG UTARA) 129publik2023

Al-Azra, Achmad Safna (2023) EFEKTIVITAS PELAYANAN JEMPUT BOLA TIM GERAK KERJA CEPAT DAN RESPONSIF (JEMPOL TIGER JAPRI) DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SEMARANG (STUDI KASUS KECAMATAN SEMARANG UTARA) 129publik2023. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (778kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (668kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (278kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (469kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau KTP-el merupakan dokumen kependudukan yang wajib dimiliki oleh setiap Warga Negara Indonesia atau WNI yang telah berusia 17 tahun ke atas. Namun, tidak semua WNI wajib berKTP-el memiliki KTP-el khususnya lansia. Salah satu penyebab lansia tidak memiliki KTP-el adalah keterbatasan kemampuan atau sakit sehingga tidak dapat melakukan perekaman KTP-el di Kantor Kecamatan maupun Disdukcapil. Untuk mengatasi hal tersebut, Disdukcapil Kota Semarang mengadakan pelayanan perekaman KTP-el untuk lansia melalui Jemput Bola Tim Gerak Kerja Cepat dan responsif atau JEMPOL TIGER JAPRI. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas pelayanan JEMPOL TIGER JAPRI sebagai langkah pemenuhan hak kepemilikan KTP-el bagi lansia di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Penelitian dilaksanakan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang dan Kecamatan Semarang Utara dengan para informan yang terlibat dalam Pelayanan JEMPOL TIGER JAPRI. Informan penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori efektivitas program menurut Sutrisno dengan memperhatikan fenomena pemahaman program, ketepatan sasaran, ketepatan waktu, tercapainya tujuan, dan perubahan nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan JEMPOL TIGER JAPRI belum berjalan secara efektif karena pencapaian hasil dan ketepatan waktu yang belum optimal. Selain itu, faktor pemantauan program yang belum dijalankan secara maksimal menjadi penghambat efektivitas pelayanan JEMPOL TIGER JAPRI.
Kata kunci: pelayanan, KTP-el, lansia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 29 Sep 2023 04:25
Last Modified: 02 Nov 2023 07:01
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16750

Actions (login required)

View Item View Item