Search for collections on Undip Repository

PERSONAL BRANDING GANJAR PRANOWO DI MEDIA SOSIAL 79kom2023

Zulaikho, Anggita Muti Arani (2023) PERSONAL BRANDING GANJAR PRANOWO DI MEDIA SOSIAL 79kom2023. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (391kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (513kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (342kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf - Submitted Version

Download (37kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (162kB)

Abstract

Kondisi persaingan dan perkembangan zaman yang terjadi saat ini membuat
setiap kandidat politik harus memikirkan cara dan metode yang tepat untuk
memenangkan persaingan. Personal branding menjadi salah satu metode yang
dapat digunakan dan merupakan hal yang tidak dapat dihindari oleh setiap kandidat
yang terjun dalam dunia politik.
Kehadiran internet memunculkan jenis media sosial yang menjadi peluang
untuk membangun personal branding. Ganjar Pranowo merupakan salah satu tokoh
politik yang memanfaatkan media sosial, untuk membangun kepercayaan dan
image, serta membentuk personal branding. Melalui akun Instagramnya
@ganjar_pranowo, Ganjar Pranowo telah berhasil menampilkan kesan personal
branding yang positif, sehingga memengaruhi citranya di mata publik.
Metode dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan jenis pendekatan
deskriptif. Penelitian ini menggunakan analisis semiotika yang dikembangkan oleh
Ferdinand De Saussure sebagai dasarnya. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu berupa observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan
tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan dengan
menganalisis data yang ada berdasarkan teori yang digunakan dalam penelitian ini.
Dari penelitian yang telah dilakukan pada akun media sosial Instagram
@ganjar_pranowo, menunjukkan bahwa personal branding yang ditampilkan oleh
Ganjar Pranowo memenuhi delapan konsep pembentukan personal branding dari
Peter Montoya yaitu the law of specialization, the law of leadership, the law of
personality, the law of distinctiveness, the law of visibility, the law of unity, the law
of persistence, dan the law of goodwill. Kemudian, personal branding yang
ditampilkan oleh Ganjar Pranowo melalui akun Instagramnya juga dapat dianalisis
menggunakan Teori Dramaturgi dari Erving Goffman yang terdiri dari front stage
dan back stage. Adapun Ganjar Pranowo dalam mengunggah postingan di
Instagram sebagai upaya membangun personal branding menggunakan fitur-fitur
dari Instagram berupa feed, caption, reels, dan highlight.

Kata kunci: Personal branding; Media Sosial; Ganjar Pranowo

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 15 Sep 2023 04:24
Last Modified: 02 Nov 2023 04:18
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16310

Actions (login required)

View Item View Item