SALSABILA, Zadha (2023) PENGARUH ENVIRONMENTAL REPORTING TERHADAP MARKET VALUE DENGAN CUSTOMER-RELATED PERFORMANCE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris pada Perusahaan FMCG yang Terdaftar di BEI tahun 2019 – 2021). Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika & Bisnis.
![]() |
Text (Cover)
1._S___Cover___12030119130174.pdf - Published Version Download (318kB) |
![]() |
Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___1203011910174.pdf - Published Version Download (247kB) |
![]() |
Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12030119130174.pdf - Published Version Download (246kB) |
![]() |
Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12030119130174.pdf - Published Version Download (279kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12030119130174.pdf - Published Version Download (426kB) |
![]() |
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12030119130174.pdf - Published Version Download (2MB) |
Abstract
FMCG disebut sebagai salah satu kontributor terbesar dalam permasalahan lingkungan dan pemanasan global yang terjadi karena keterkaitannya yang erat dengan limbah dan polusi industri lainnya. Sementara pelanggan dan pemegang saham memainkan peran penting dalam kesuksesan bisnis FMCG, kesadaran mereka akan permasalahan lingkungan kian meningkat namun tanpa diiringi oleh peningkatan kesadaran perusahaan akan pentingnya peran environmental reporting karena kurangnya bukti empiris yang menunjukkan pengaruhnya terhadap kinerja perusahaan dan nilai pasar. Dengan menggunakan komponen data panel dari 38 perusahaan FMCG di Indonesia periode 2019-2021, penelitian ini bertujuan untuk
menguji keterkaitan langsung antara environmental reporting dan market valuesekaligus keterkaitan tak langsung diantara keduanya melalui customer-related performance sebagai mediator.
Metode analisis regresi data panel dengan estimator FEM (fixed effect model) dan REM (random effect model) digunakan untuk menguji keterkaitan environmental reporting, customer-related performance, dan market value dalam dua model terpisah. Selanjutnya, uji sobel digunakan untuk menguji peran customer-related sebagai mediasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh langsung yang positif dan signifikan environmental reporting terhadap market value begitu pula environmental reporting terhadap customer-related performance. Sementara itu, customer-related performance tidak ditunjukkan memiliki peran signifikan dalam memediasi hubungan tak langsung antara environmental reporting dan customer related performance.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | FMCG, environmental reporting, customer-related performance, market value |
Subjects: | Economics and Business > Accounting |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Accounting |
Depositing User: | Nila Nurjanah |
Date Deposited: | 31 Jul 2023 08:39 |
Last Modified: | 31 Jul 2023 08:39 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15091 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |