Search for collections on Undip Repository

MANAJEMEN KAMPANYE #SAVE GROUND WATER OLEH PAM JAYA UNTUK MENCEGAH ADANYA ANCAMAN JAKARTA TENGGELAM 2030

Ardianti, Nabilla Putri Nur (2023) MANAJEMEN KAMPANYE #SAVE GROUND WATER OLEH PAM JAYA UNTUK MENCEGAH ADANYA ANCAMAN JAKARTA TENGGELAM 2030. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (517kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (775kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (89kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (306kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (760kB)

Abstract

Sejalan dengan adanya isu lingkungan tentang Jakarta berpotensi tenggelam pada tahun 2030 oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden, PAM JAYA sebagai pihak yang bergerak dalam penyelesaian permasalahan air memiliki strategi untuk meminimalisir terjadinya risiko terkait dengan masalah air dan penggunaannya. Terdapat beberapa kekurangan dari manajemen kampanye “Run For Water” yang dilakukan oleh PAM JAYA sebelumnya, sehingga tujuan yang dicapai masih belum optimal. Sehingga pada tahun selanjutnya, PAM JAYA mengadakan kampanye baru yang bertajuk #SaveGroundWater. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kampanye #SaveGroundWater yang dilakukan oleh PAM JAYA untuk mencegah adanya Jakarta tenggelam 2030. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Teori 4 Steps of PR. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus. Subjek penelitian ini adalah tiga orang informan yaitu orang yang mengetahui secara mendalam tentang kampanye #SaveGroundWater.
Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kampanye yang dilakukan oleh PAM JAYA terdiri dari tahap research, planning, implementation, dan evaluation. Tahap research terjadi pengumpulan berita maupun informasi yang akan menjadi tujuan utama dari kampanye. Tahap perencanaan terdiridari tahap penentuan tujuan dan pesan yang akan disampaikan di dalam kampanye #SaveGroundWater. Tahap ini juga melakukan penentuan target sasaran dari kampanye. Sasaran dari kampanye ini adalah seluruh masyarakat dari semua lapisan sehingga media yang digunakan adalah sosial media yang dapat menjangkau ke semua generasi. Aspek implementasi merupakan tahap penerapan dari kampanye #SaveGroundWater. Kampanye ini didukung oleh tiga program untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat Jakarta sehingga sedikit demi sedikit perubahan dapat terjadi. Aspek evaluasi adalah tahap terakhir yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dampak yang telah dihasilkan serta umpan balik yang diberikan oleh masyarakat. Pada tahap ini juga dilakukan penentuan tolak ukur keberhasilan dari penerapan kampanye.
Kata Kunci : #SaveGroundWater, Manajemen Kampanye, Pengelolaan Air

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 07 Jul 2023 00:54
Last Modified: 07 Jul 2023 00:54
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14562

Actions (login required)

View Item View Item