Search for collections on Undip Repository

PERUBAHAN PERILAKU KONSUMEN GENERASI X TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE DI KOTA YOGYAKARTA

Siregar, Vira Innayah (2022) PERUBAHAN PERILAKU KONSUMEN GENERASI X TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE DI KOTA YOGYAKARTA. Masters thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img] Text
SAMPUL.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (304kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (414kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Perubahan Perilaku Konsumen Generasi X Terhadap Keputusan Pembelian Secara
Online di Kota Yogyakarta. Oleh: Vira Innayah Siregar. NIM: 14030120410002.
Program Studi Magister Administrasi Bisnis, Universitas Diponegoro
Era revolusi industri 4.0 merupakan fase revolusi teknologi yang mengubah cara
manusia dalam berbagai skala kehidupan. Perkembangan teknologi yang pesat di
era revolusi teknologi 4.0 mendorong terjadinya perubahan pada perilaku
konsumen. Generasi X tumbuh di masa dimana teknologi adalah suatu kebaharuan.
Maka dari itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh the
SHIFT framework terhadap niat pembelian secara online dan keputusan pembelian
secara online Generasi X di Kota Yogyakarta.Penelitian ini menggunakan 100
responden. Bentuk penelitian yang digunakkan adalah eksplanatori dengan
pendekatan kuantitatif yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik,
analisis regresi linear berganda, pengujian hipotesis dan uji F. data yang telah lulus
uji diolah dengan software SPSS (Statistic Product and Service Solution) versi 26.0
for windows.
Adapun temuan yang didapati dari hasil penelitian ini yaitu the SHIFT framework
berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perubahan perilaku konsumen
Generasi X di Kota Yogyakarta terhadap niat pembelian dan keputusan pembelian
tetapi didapati juga walaupun mayoritas responden telah melakukan peralihan
dalam metode berbelanja tetapi hal ini tidak serta merta memberikan kepuasan bagi
Generasi X dikarenakan semakin tinggi usia seseorang maka semakin rendah pula
pengetahuan mereka mengenai kebaharuan teknologi. Temuan ini dapat dijadikan
sebuah saran bagi pelaku bisnis dalam meningkatkan fitur serta fasilitas dalam
berbelanja secara online agar seluruh generasi dapat terus melakukan pembelian
secara online.
Kata Kunci: Perilaku Konsumen, Generasi X, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Master Program in Business Administration
Depositing User: Rusmanto MABIS
Date Deposited: 05 Jul 2023 04:16
Last Modified: 05 Jul 2023 04:16
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14443

Actions (login required)

View Item View Item