Roqim, Yoga Restu Nur (2023) ANALISIS EFEKTIVITAS MAL PELAYANAN PUBLIK (MPP) DALAM PENYELENGGARAAN PELAYANAN PERIZINAN BERUSAHA DI KABUPATEN BATANG. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Text
COVER.pdf - Submitted Version Download (497kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Submitted Version Download (272kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Submitted Version Download (268kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (172kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (858kB) |
Abstract
MPP merupakan perluasan fungsi pelayanan terpadu yang menyediakan berbagai jenis pelayanan publik dalam satu lokasi. MPP bertujuan untuk memberikan kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan, serta diharapkan dapat meningkatkan kemudahan berusaha, namun dalam penyelenggaraan MPP Kabupaten Batang ditemukan sejumlah permasalahan yang mengindikasikan kurang efektifnya MPP Kabupaten Batang khususnya dalam penyelenggaraan pelayanan perizinan berusaha. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas MPP dalam penyelenggaraan pelayanan perizinan berusaha di Kabupaten Batang beserta faktor pendukung dan penghambat efektivitas tersebut. Penelitian ini penting, mengingat potensi perkembangan usaha dan industri yang menjajikan harus didukung kemudahan perizinan berusaha yang diwujudkan melalui penyelenggaraan MPP Kabupaten Batang yang efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta menggunakan analisis domain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MPP Kabupaten Batang dalam penyelenggaraan pelayanan perizinan berusaha cukup efektif berdasarkan tiga indikator efektivitas organisasi oleh Duncan yaitu pencapaian tujuan, integrasi, dan adaptasi, sedangkan faktor pendukung dan penghambat efektivitas tersebut dianalisis melalui empat karakterstik yang menentukan efektivitas organisasi oleh Steers yaitu karakteristik organisasi, lingkungan, pegawai, dan manajemen. Saran yang diberikan adalah perlunya regulasi yang mengatur semua pelayanan dan OPD dalam MPP Kabupaten Batang di bawah kendali koordinator penyelenggara MPP Kabupaten Batang, perlunya program kegiatan sosialisasi yang massif tentang pentingnya kepemilikan izin usaha, perlunya perluasan gedung, perlunya perbaikan dan pengembangan serta sosialisasi yang massif kepada masyarakat mengenai sistem pelayanan online. Kata Kunci: Efektivitas Organisasi, Mal Pelayanan Publik, Pelayanan Perizinan Berusaha
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration |
Depositing User: | Fakultas ISIP |
Date Deposited: | 04 Jul 2023 08:26 |
Last Modified: | 04 Jul 2023 08:26 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14396 |
Actions (login required)
View Item |