Search for collections on Undip Repository

MANAJEMEN STRATEGIS PENGEMBANGAN DESA WISATA NGADIMULYO KABUPATEN TEMANGGUNG

Ulya, Oryza Lathifatul (2023) MANAJEMEN STRATEGIS PENGEMBANGAN DESA WISATA NGADIMULYO KABUPATEN TEMANGGUNG. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (732kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (773kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (877kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (126kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Desa Wisata Ngadimulyo merupakan program yang bertujuan untuk mengembangkan potensi wisata di Desa Ngadimulyo. Adanya daya tarik wisata Pasar Papringan Ngadiprono, memberikan peluang bagi Desa Ngadimulyo untuk mengembangkan potensi dan sumber daya wisata di dusun-dusun lainnya. Terdapat beberapa masalah yang muncul dalam proses pengembangan Desa Wisata Ngadimulyo, salah satunya adalah terjadinya kasus korupsi bantuan keuangan wisata oleh Kepala Desa Ngadimulyo, Sekretaris Desa Ngadimulyo, Mantan Kepala Desa Ngadimulyo, dan Ketua Desa Wisata Ngadimulyo. Masalah ini kemudian menimbulkan masalah-masalah baru, seperti kepengurusan yang tidak aktif, paket wisata yang tidak berjalan, dan beberapa masalah lain yang menghambat pengembangan Desa Wisata Ngadimulyo.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menghasilkan strategi pengembangan Desa Wisata Ngadimulyo. Penelitian ini menggunakan teori manajemen strategis dan pengembangan desa wisata sebagai landasan untuk menganalisis lingkungan internal dan eksternal Desa Wisata Ngadimulyo. Analisis lingkungan internal dan eksternal tersebut kemudian diidentifikasi dan dievaluasi menggunakan alat bantu analisis, yaitu Matriks SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) dan Uji Litmus dari Bryson.
Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa terdapat empat isu yang bersifat strategis untuk mengembangkan Desa Wisata Ngadimulyo, antara lain : 1) Mengembangkan potensi wisata di luar Dusun Ngadiprono; 2) Melibatkan masyarakat dusun lain dalam pengelolaan dan pengembangan Desa Wisata Ngadimulyo; 3) Memperbaiki pengelolaan keuangan Desa Wisata Ngadimulyo; dan 4) Memaksimalkan koordinasi dengan dinas dan pihak swasta untuk mendukung pengembangan Desa Wisata Ngadimulyo.

Kata kunci: Strategi, Pengembangan Desa Wisata, Analisis SWOT

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 16 Jun 2023 07:45
Last Modified: 16 Jun 2023 07:45
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13558

Actions (login required)

View Item View Item