Search for collections on Undip Repository

KUALITAS PELAYANAN SEKOLAH INKLUSIF DI SMPN 2 KUNDURAN BLORA, JAWA TENGAH

Aufa, Faiq Hammam Nur (2022) KUALITAS PELAYANAN SEKOLAH INKLUSIF DI SMPN 2 KUNDURAN BLORA, JAWA TENGAH. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version

Download (606kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (622kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (622kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (133kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui tentang Kualitas Pelayanan Pendidikan Inklusif di SMPN 2 Kunduran Blora, Jawa Tengah yang masih belum optimal pelayanan yang disebabkan tidak adanya fasilitas penunjang untuk anak inklusi, tidak memiliki guru pendamping khusus dan kondisi jalan yang rusak. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Penelitan ini menggunakan teknik accidental dan snowballing sampling. Penelitian ini menggunakan teori pelayanan untuk mengkaji dan mengidentifikasi aspek yang menghambat didalam pelaksanaan pelayanan inklusif yang diselenggarakan di SMPN 2 Kunduran Blora, Jawa Tengah. Hasil yang didapat adalah penyelenggaraan pelayanan inklusif masih belum optimal. Hal ini dapat dilihat dari indikator pelayanan Tangible (Berwujud), Reliable (Kehandalan), Acces (Kemudahan mengakses komunikasi dan lokasi) yang masih belum optimal karena tidak ada alat penunjang untuk anak difabel, tidak memiliki guru pendamping khusus dan kondisi jalan menuju ke lokasi SMPN 2 Kunduran rusak parah. Selain itu terdapat beberapa aspek yang menghambat pelayanan anak inklusif di SMPN 2 Kunduran seperti : tidak adanya sarana prasana untuk anak berkebutuhan khusus, kehandalan guru yang belum memiliki kompetensi untuk mendidik anak yang berkebutuhan khusus dan kondisi jalan ke lokasi yang memprihatinkan. Saran yang peneliti rekomendasikan adalah SMPN 2 Kunduran melakuka sistem rolling kepada guru SLB seminggu sekali untuk mengajar di SMPN 2 Kunduran, pelatihan khusus berbasis program inklusi kepada wali kelas dan menjadi rekomendasi kepada peneliti dimasa depan yang ingin meneliti sekolah inklusif di Kabupaten Blora.
Kata kunci: Kualitas, Layanan, Inklusi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 15 Jun 2023 02:15
Last Modified: 15 Jun 2023 02:15
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13500

Actions (login required)

View Item View Item