Aufa, Faiq Hammam Nur (2022) KUALITAS PELAYANAN SEKOLAH INKLUSIF DI SMPN 2 KUNDURAN BLORA, JAWA TENGAH. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
![]() |
Text
Cover.pdf - Submitted Version Download (606kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Submitted Version Download (622kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf - Submitted Version Download (622kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (133kB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui tentang Kualitas Pelayanan Pendidikan Inklusif di SMPN 2 Kunduran Blora, Jawa Tengah yang masih belum optimal pelayanan yang disebabkan tidak adanya fasilitas penunjang untuk anak inklusi, tidak memiliki guru pendamping khusus dan kondisi jalan yang rusak. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Penelitan ini menggunakan teknik accidental dan snowballing sampling. Penelitian ini menggunakan teori pelayanan untuk mengkaji dan mengidentifikasi aspek yang menghambat didalam pelaksanaan pelayanan inklusif yang diselenggarakan di SMPN 2 Kunduran Blora, Jawa Tengah. Hasil yang didapat adalah penyelenggaraan pelayanan inklusif masih belum optimal. Hal ini dapat dilihat dari indikator pelayanan Tangible (Berwujud), Reliable (Kehandalan), Acces (Kemudahan mengakses komunikasi dan lokasi) yang masih belum optimal karena tidak ada alat penunjang untuk anak difabel, tidak memiliki guru pendamping khusus dan kondisi jalan menuju ke lokasi SMPN 2 Kunduran rusak parah. Selain itu terdapat beberapa aspek yang menghambat pelayanan anak inklusif di SMPN 2 Kunduran seperti : tidak adanya sarana prasana untuk anak berkebutuhan khusus, kehandalan guru yang belum memiliki kompetensi untuk mendidik anak yang berkebutuhan khusus dan kondisi jalan ke lokasi yang memprihatinkan. Saran yang peneliti rekomendasikan adalah SMPN 2 Kunduran melakuka sistem rolling kepada guru SLB seminggu sekali untuk mengajar di SMPN 2 Kunduran, pelatihan khusus berbasis program inklusi kepada wali kelas dan menjadi rekomendasi kepada peneliti dimasa depan yang ingin meneliti sekolah inklusif di Kabupaten Blora.
Kata kunci: Kualitas, Layanan, Inklusi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 02:15 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 02:15 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13500 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |