Search for collections on Undip Repository

PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL PROVINSI DKI JAKARTA

Ardiawati, Ayu Sekar Rini (2022) PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL PROVINSI DKI JAKARTA. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (722kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (994kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (580kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
daftar pustaka ayu.pdf - Submitted Version

Download (402kB)
[img] Text
Lampiran ayu.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kinerja pegawai merupakan penggerak utama dalam mencapai keberhasilan tujuan dari sebuah organisasi. Oleh karena itu, kinerja pegawai Dukcapil Provinsi DKI Jakarta senantiasa harus ditingkatkan agar dapat memberikan pelayanan publik yang baik kepada masyarakat. Diketahui, bahwa kepemimpinan dan motivasi belum sepenuhnya efektif diberikan kepada seluruh pegawai yang mana hal tersebut tidak disesuaikan dengan kondisi yang terus berubah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, motivasi terhadap kinerja pegawai, dan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja pegawai. Metodelogi penelitian ini adalah metode penelitian kuantitaif.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, dan uji regresi. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh antara kepemimpinan terhadap kinerja pegawai di Dukcapil Provinsi DKI Jakarta, dibuktikan dengan perolehan nilai koefisien r = 0,356 dan Thitung 2,99> Ttabel 1,96 dengan sig. 0,002 (p<0,05) maka dapat diketahui bahwa kepemimpinan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai di Dukcapil Provinsi DKI Jakarta. (2) Terdapat pengaruh antara motivasi terhadap kinerja Pegawai di Dukcapil Provinsi DKI Jakarta, dibuktikan dengan perolehan nilai koefisien r = 0,567 dan Thitung 5,26> Ttabel 1,96 dengan sig. 0,000 (p<0,05) maka dapat diketahui bahwa motivasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai di Dukcapil Provinsi DKI Jakarta. (3) Terdapat pengaruh anatara kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja pegawai di Dukcapil Provinsi DKI Jakarta, dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang memperoleh nilai Fhitung 8,734 > Ftabel 3,191 dengan sig. 0,000 (p<0,05) maka dapat diketahui bahwa secara bersama-sama kepemipinan dan motivasi memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai di Dukcapil Provinsi DKI Jakarta. Adapun, dalam uji R Square diketahui kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 63,1% sehingga 36,9% lainnya yang memiliki pengaruh dengan faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Saran dari penelitian ini adalah meningkatkan komunikasi, koordinasi, kerjasama, monitoring, evaluasi, dan pemberian penghargaan.

Kata kunci : Kinerja Pegawai, Kepemimpinan, Motivasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 08 Jun 2023 04:23
Last Modified: 08 Jun 2023 04:23
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13327

Actions (login required)

View Item View Item