Search for collections on Undip Repository

Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Dukungan Keluarga dengan Tingkat Kecemasan dalam Menghadapi Menarche pada Remaja Awal di MI Kelurahan Meteseh

Amalia, Destriana Putri and Sudarmiati, Sari (2023) Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Dukungan Keluarga dengan Tingkat Kecemasan dalam Menghadapi Menarche pada Remaja Awal di MI Kelurahan Meteseh. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (334kB)
[img] Text
Cover-Sebelum BAB 1-1.pdf

Download (659kB)
[img] Text
BAB 3-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB)
[img] Text
BAB 6-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
Lampiran-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Remaja perempuan yang sudah memasuki masa pubertas akan mengalami perkembangan seksual primer yang ditandai dengan terjadinya menstruasi pertama kali atau menarche. Remaja putri yang mengalami menarche akan mengalami perubahan psikologis seperti munculnya rasa cemas dan takut. Kecemasan yang dialami seseorang dapat dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan serta dukungan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan dan dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan dalam menghadapi menarche pada remaja awal di MI Kelurahan Meteseh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 72 dengan menggunakan teknik total sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner, kuisioner yang digunakan yaitu kuisioner tingkat pengetahuan tentang menarche dan tingkat kecemasan menghadapi menarche milik Mila Indah Permatasari serta kuisioner dukungan keluarga milik Ernia, data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian yaitu menunjukan terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan tentang menarche dengan tingkat kecemasan dalam menghadapi menarche (p value 0,005 ) serta terdapat hubungan antara dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan dalam menghadapi menarche (p value 0,000). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan dan dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan dalam menghadapi menarche pada remaja awal di MI Kelurahan Meteseh. Sehingga orang tua disarankan untuk berperan dalam memberikan dukungan kepada anak perempuannya seperti pemberian informasi mengenai menarche serta dukungan lainnya agar remaja putri lebih siap dalam menghadapi menarche dan mereka dapat mengatasi kecemasan yang dialami.

Kata kunci : Pengetahuan, Dukungan Keluarga, Kecemasan, Menarche
Daftar Pustaka : 84 (2011-2023)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nursing
Depositing User: S.Hum Bekti Iskandar
Date Deposited: 19 May 2023 02:51
Last Modified: 22 May 2023 02:57
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/12775

Actions (login required)

View Item View Item