Search for collections on Undip Repository

Analisis Peran Aplikasi Go-Food Terhadap Perilaku Konsumen (Studi pada Merchant Parjo Semarang)/33/Adm. Bisnis/2022

Umam, Akhmad Faizul and Pradhanawati, Ari (2022) Analisis Peran Aplikasi Go-Food Terhadap Perilaku Konsumen (Studi pada Merchant Parjo Semarang)/33/Adm. Bisnis/2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (779kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (706kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (384kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (107kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pangsa pasar ponsel di Indonesia cukup besar, diikuti dengan banyaknya aplikasi yang memuat banyaknya fitur demi menjaring konsumen. Salah satu aplikasi diantaranya GoJek dimana memuat fitur Go-Food didalam aplikasi. Aplikasi Go-Food banyak membantu penjualan merchant. Sekarang ini Parjo Semarang masuk dalam Top Destination merchant yang diminati konsumen kota Semarang. Akan tetapi dampak lain dari seringnya seseorang atau kelompok menggunakan aplikasi Go-Food adalah membuat individu atau kelompok menjadi sebuah kegiatan yang biasa dilakukan dan menimbulkan kemalasan individu / kelompok dalam melakukan kegiatan keluar mencari atau membeli sendiri.
Penelitian ini untuk mengetahui peran aplikasi Go-Food pada perubahan perilaku konsumen Parjo Semarang. Dalam variabel perubahan perilaku konsumen dipengaruhi oleh proses pengambilan keputusan dalam pembelian yaitu mengenai permasalahan, mencari informasi, mengevaluasi alternatif, keputusan membeli, evaluasi pascapembelian. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini yaitu Schiffman dan Kanuk tentang tahapan proses pengambilan keputusan pembelian. tahapan tersebut akan menjadi alat analisis dalam menjawab penelitian. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik pengambilan data berupa wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan dengan 3 sumber yaitu konsumen pengguna aplikasi Go-Food, mitra driver Go-Food dan mitra merchant Go-Food Parjo Semarang.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya perubahan perilaku dalam peran aplikasi Go-Food terhadap perilaku konsumen pada Parjo Semarang. Dalam tahapan pengambilan keputtusan pembelian menghasilkan dua faktor positif dan negatif.

Kata Kunci: Perilaku Konsumen, Go-Food Parjo Semarang, Peran Aplikasi, Aplikasi Bisnis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 22 Feb 2023 06:20
Last Modified: 22 Feb 2023 06:20
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/11834

Actions (login required)

View Item View Item